PENGGUNAAN MEDIA BULBAR (BULETIN BAHASA ARAB) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB MATERI ةﺳﺮﻷا ت ﺎﻴﻣﻮﻳ ﻣﻦ SISWA KELAS VII-2 MTsN 5 PIDIE

Kasmawati Kasmawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan membaca Bahasa Arab pada materi ةرسلأا تايموي نم siswa kelas VII-2 MTsN 5 Pidie Tahun Pelajaran 2019/2020. Media yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah media BULBAR (Buletin Bahasa Arab). Subyek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa Kelas VII-2 MTsN 5 Pidie. Jumlah siswa adalah 36 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 12 orang dan perempuan 24 orang. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan September 2019 s.d November 2019 pada Semester Ganjil. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat keaktifan siswa proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 47.22% pada pra penelitian meningkat menjadi 72.22% pada siklus I dan meningkat menjadi 86.11% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan model Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa Arab pada materi ةرسلأا تايموي نم siswa kelas VII-2 MTsN 5 Pidie Tahun Pelajaran 2019/2020.


Keywords


Hasil Belajar, Media Buletin Bahasa Arab, ةرسلأا تايموي نم

Full Text:

PDF

References


Afif, Andi M. 2008. “Wacana Gempa Bumi di DIY Perbandingan Buletin AlIkhtilaf dan Buletin

Risalah Jum’at”. Skripsi. Tidak diterbitkan.

Arsyad, Azhar. 2004. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya: Beberapa Pokok Pikiran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Harjanto. 2006. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdikbud & PT. Rineka Cipta.

Gagne, R.M. 1977. The Conditions of Learning, New York: Holt, Renehart and Winston.

Made, Wena. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setyono, Yulian Adi. 2013. “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya Ditinjau dari Minat Baca Siswa”. Jurnal Pendidikan Fisika. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret

Widjaja, H.A.W. 2010. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.32672/jp2v.v2i1.2767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi (JP2V)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 INDEXING & ABSTRACTING