PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA MELALUI MODEL TEAM QUIZ SISWA KELAS IX-3 MTsN 5 PIDIE

Naimaton Sakdiah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi sistem reproduksi manusia. Model pembelajaran yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah model Team Quiz. Subyek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas IX-3 MTsN 5 Pidie. Jumlah siswa/i adalah 36 dengan jumlah siswa laki-laki 14 orang dan jumlah siswa perempuan 22 orang. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Agustus 2018 s.d Oktober 2018 pada Semester Ganjil. Metodologi penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat keaktifan siswa proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil Penelitian Tindakan Kelas menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 41.66% pada pra penelitian meningkat menjadi 69,44% pada siklus I dan meningkat menjadi 86,11% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan model pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi sistem reproduksi manusia siswa kelas IX-3 MTsN 5 Pidie Tahun Pelajaran 2018/2019.


Keywords


Hasil Belajar, Model Team Quiz, IPA, Sistem Reproduksi Manusia.

Full Text:

PDF

References


Hamalik, O. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2003 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Cemerlang.

Gulo. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Mulyoko, dkk. 2013. Implementasi Kurikulum 2013 IPA Terpadu untuk SMP/MTs Kelas IX. Surakarta: PT. Masmedia.

Mulyasa, E. 2006. Imlementasi Kurikulum. 2004. Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prawoto. 1992. Pemahaman guru-guru Biologi SMP/MTs Kota Madya Yogyakarta Terhadap Prestasi Belajar Mengajar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.[8] Sanajaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: kencara Prenada Media Group.

Sardiman, A. M. 2004. Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Rajawali.

Soekamto, T. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Sudijono, A. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Syafaruddin. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Winarno, S. 1989. Teknik Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Jemmars.

Wuryadi. 1999. Konsep Pendidikan Biologi dan Implementasinya dalam Penelitian. Yogyakarta: FMIPA UNY.




DOI: https://doi.org/10.32672/jp2v.v2i1.2766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi (JP2V)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 INDEXING & ABSTRACTING