PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI TEKS DESKRIPSI MELALUI METODE MIND MAPPING SISWA KELAS VII-1 MTsN 5 PIDIE

Muhammad Muhammad

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi Teks Deskripsi siswa kelas VII-1 MTsN 5 Pidie. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mind Mapping. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 MTsN 5 Pidie. Jumlah siswa
adalah 32 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 8 orang dan perempuan 24 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2018/2019 dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan September 2018 s.d November 2018 pada Semester Ganjil. Metodologi penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan
menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada kedua siklus tersebut, dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 43.75% pada pra siklus meningkat menjadi 65.62% pada siklus I dan meningkat menjadi 87.5% pada siklus II. Penggunaan Metode Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi Teks Deskripsi siswa kelas VII-1 MTsN 5 Pidie Tahun Pelajaran 2018/2019.


Keywords


Hasil Belajar, Metode Mind Mapping, Bahasa Indonesia, Teks Deskripsi.

Full Text:

PDF

References


Asri Budiningsih. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, Thursan. 2000. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Hamalik, Oemar. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Henry Guntur Tarigan. 2009. Pengajaran Kompetensi Bahasa. Bandung: Angkasa.

Huda, Miftakhul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Husamah dan Yanur Setyaningrum. 2013. Desain Pembelajaran BerbasisPencapaian Kompetensi: Panduan Merancang Pembelajaran untuk MendukungImplementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Olivia, Femi. 2013. Menit Asyik Mind Mapping Kreatif. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Solehan. 1996. Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia SD. Malang: IKIP.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Warsono dan Haryanto. 2013. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Widarso, Wishnubroto. 1992. Kiat Menulis dalam Bahasa Inggris. Yogyakarta: Kanisius.




DOI: https://doi.org/10.32672/jp2v.v2i1.2765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi (JP2V)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 INDEXING & ABSTRACTING