MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn PADA MATERI MEMAHAMI KEDUDUKAN DAN FUNGSI PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) KELAS VIII MTsN 5 PIDIE

Nurjannah Nurjannah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PPKn pada materi kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia kelas VIII MTsN 5 Pidie. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 5 Pidie. Jumlah siswa adalah 36 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 13 orang dan perempuan 23 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2019/2020 dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari Juli 2019 sampai dengan September 2019 pada semester ganjil. Metodologi penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi aktivitas siswa dilakukan dengan melihat keaktifan siswa proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa pada kedua siklus tersebut, dari 68,75% (baik) meningkat menjadi 97,50% (sangat baik). Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 44,44 % pada pra siklus meningkat menjadi 61,11% pada siklus I dan meningkat menjadi 88,89 % pada siklus II. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar PPKn pada materi memahami kedudukan dan fungsi pancasila kelas VIII MTsN 5 Pidie Tahun Pelajaran 2019/2020.


Keywords


Hasil Belajar, Model Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI), PPKn, Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Hartoyo. 2000. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha. Nasional.

Saminanto. 2010. Model-Model Pembelajaran. Bandung: PT. Refika.

Shoimin. 2013. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprayekti. 2006. Strategi Penyampaian Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Pendidikan.

Suyitno, Amin. 2004. Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran. Semarang: FMIPA UNNES

Sulaiman,Wahyuni. 2001. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon

Warsono dan Haryanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Assesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.32672/jp2v.v2i1.2764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi (JP2V)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 INDEXING & ABSTRACTING