PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA MATERI EXPRESSION OF CONGRATULATIONS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS IX MTSN 5 PIDIE

Elly Indrawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada materi Expression of Congratulations siswa kelas IX MTsN 5 Pidie. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran PBL. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTsN 5 Pidie. Jumlah siswa adalah 36 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 14 orang dan perempuan 22 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2019/2020 dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Agustus 2019 sampai dengan Oktober 2019 pada semester ganjil. Metodologi penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus  dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada kedua siklus tersebut, dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 41,67 % pada pra siklus meningkat menjadi 61,11 % pada siklus I dan meningkat menjadi 91,67 % pada siklus II. Penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada materi Expression of Congratulations siswa kelas IX MTsN 5 Pidie Tahun Pelajaran 2019/2020.

Keywords


Hasil Belajar, Model Pembelajaran PBL, Bahasa Inggris, Expression of Congratulations.

Full Text:

PDF

References


Ade, Sanjaya. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Afcariono, M. 2008. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Inovatif: Jakarta.

Agus, Suprijono. 2012. Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Asra dan Sumiati, 2009. Metode Pembelajaran.Bandung: Wacana Prima.

Brown, D.B. & Hudson, T. 2002. Criterion-Referenced Language Testing. Cambridge: Cambridge University Press.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Harmer, Jeremy. 2002. The Practice of English Language Teaching;third edition. Malaysia:Longman.

Kokom Komalasari. 2013. Pembelajaran Kontekstual : Konsep Dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Paul Eggen & Don Kauchak. 2012. Strategi Dan Model Pembelajaran (Mengajarkan Konten Dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.

Rifa‟i, Achmad dan Chatarina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengambangkan Profesional Guru. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

Sardiman, A. M. 2004. Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sukidin, Basrowi & Suranto. 2008. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendikia.




DOI: https://doi.org/10.32672/jp2v.v2i1.2763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi (JP2V)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 INDEXING & ABSTRACTING