PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BIOTEKNOLOGI DAN PRODUKSI PANGAN SISWA KELAS IX-9 MTsN 5 PIDIE

Nurul Husna

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi kemagnetan dan pemanfaatannya siswa kelas IX-9 MTsN 5 Pidie Tahun Pelajaran 2019/2020. Model yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah strategi pembelajaran Teams Games Tournament. Subyek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa Kelas IX-9 MTsN 5 Pidie. Jumlah siswa/i adalah 37 dengan jumlah siswa laki-laki 11 orang dan jumlah siswa perempuan 26 orang. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Oktober 2019 s.d Desember 2019 pada Semester Ganjil. Metodologi penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat keaktifan siswa proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil Penelitian Tindakan Kelas menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 43.24% pada pra penelitian meningkat menjadi 70.27% pada siklus I dan meningkat menjadi 89,18% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan pendekatan kontekstual menggunakan model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi bioteknologi dan produksi pangan siswa kelas IX-9 MTsN 5 Pidie Tahun
Pelajaran 2019/2020 


Keywords


Hasil Belajar, Group Investigation (GI), IPA, Bioteknologi dan Produksi Pangan

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. 2013. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung:Yrama Widya.

Depdiknas. 2002. Pendekatan Konstekstual. Jakarta. Depdiknas.

Dewi Puspitasari. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, & Implementasi). Yogyakarta: Familia.

Johnson Elaine, B. 2012. CTL-Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung : Kaifa.

Mariana. 2009. Hubungan Sikap Konsumen Pada Discount Dengan Minat Membeli Produk Fashion Pada Remaja Akhir. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Malang : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Muchtar, Y. 2012. Sinopsis Obstetri. Jakarta: EGC.

Muslich, Mansur. 2007. KTSP. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Panduan Bagi Guru. Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Riadi, Muchlisin. 2013. Definisi, Fungsi dan Bentuk Keluarga. Tersedia pada: http://www.kajianpustaka.com/2012/11/definisi-fungsi-dan-bentuk keluarga.

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widatin.T. 2009. Peningkatan Kemampuan Menghitung Volume Bangun Ruang Menggunakan Pendekatan Konstekstual pada Siswa SD Negeri 2 Sambeng Juawngi Boyolali. Skripsi. Surakarta: Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Wijayanti, Anis. 2013. Pengaruh Beberapa Variabel Makro Ekonomi dan Indeks Pasar Modal Dunia Terhadap Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI. Jurnal Ilmiah Universitas Brawijaya: Malang.




DOI: https://doi.org/10.32672/jp2v.v2i1.2762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi (JP2V)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 INDEXING & ABSTRACTING