UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS VII-5 MTsN 5 PIDIE

Idafitri Idafitri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan bulat. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 MTsN 5 Pidie berjumlah 36 siswa, yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2018/2019 dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan September 2018 sampai dengan November 2018 pada semester ganjil. Metodologi penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes  tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada kedua siklus tersebut, dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 36.11 % pada pra siklus meningkat menjadi 61.11 % pada siklus I dan meningkat menjadi 88.89 % pada siklus II. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan bulat siswa kelas VII-5 MTsN 5 Pidie Tahun Pelajaran 2018/2019.

Keywords


Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Matematika, Bilangan Bulat

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas dan MA. Jakarta: Depdiknas.

Ismiarti, Yunita. 2010. Skripsi Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang dalam Pembelajaran Matematika Kelas V SDN 02 Karangsari Jatiyoso Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010. Surakarta: Universitas

Sebelas Maret

Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia

Makmun, Abin Syamsuddin. 2002 Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Maonde, Faad dkk. 2015. The Discrepancy of Student’s Mathematic Achievement Through Cooperative Learning Model, and The Ability In Mastering Languages and Science. International Journal of Education and Research. Vol. 3, No. 1.

Muslich, Masnur. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara

Mutadi. 2007. Pendekatan Efektif Dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta: PUSDIKLAT Tenaga Teknis Keagamaan-DEPAG

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelaaran Berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. terj. Nurulita Yusron. Bandung: Nusa Media

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Nasional.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Suherman, Eman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.32672/jp2v.v2i1.2761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi (JP2V)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 INDEXING & ABSTRACTING