MENELUSURI JEJAK PEMIKIRAN KONSEP AKHLAK AL-GHAZALI DAN IBN MISKAWAYH DALAM ASPEK EMOSI

Fahmi Arfan

Abstract


Kerusakan akhlak dan nilai-nilai moral sangat mempengaruhi perkembangan dan kemunduran peradaban sebuah bangsa. Oleh itu, mengkaji dan menelaah suatu konsep akhlak dari peradaban masa lalu demi pembangunan masa depan adalah sangat penting. Khususnya dalam aspek emosi untuk membentuk akhlak yang mulia. Penelitian ini bertujuan menelusuri dan menelaah pemikiran Al-Ghazali dan Ibn Miskawayh dalam konsep akhlak dari segi persamaan dan perbedaan dalam aspek emosi. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan inkuiri menggunakan interpretasi, induktif-deduktif dan perbandingan. Penganalisaan aspek emosi menggunakan panduan daftar acuan yang telah dirancang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pemikiran Al-Ghazali dan Ibn Miskawayh membicarakan tentang keutamaan akhlak (ummahat al-akhlaq). Persamaannya, kedua-dua tokoh memandang bahwa emosi yang berpusat pada hati (qalb) yang melahirkan kekuatan amarah. Kecerdasan mengontrol kekuatan amarah disebut berani (syaja’ah). Sedangkan perbedaannya, Al-Ghazali memandang unsur hati (qalb) secara mendalam dan spesifik terhadap kekuatan dan hakikat yang lahir dalam pembentukan emosi. Sementara Ibn Ibn Miskawayh hanya melihat hakikat perbuatan yang lahir dari unsur hati (qalb) yang dapat merusak dan membersihkan hati. Berdasarkan perbandingan kedua-dua tokoh tersebut, konsep akhlak mengontrol unsur hati (qalb) agar tetap suci dan bersih sehingga melahirkan emosi yang sehat.

Full Text:

PDF

References


Abubakar Aceh (1982). Sejarah Filsafat Islam. Jakarta: Ramadhani Sala.

Abdul Khobir (2007). Filsafat Pendidikan Islam Landasan Teoritis dan Praktis. Pekalongan: STAIN Press.

Abdul Rahman Md. Aroff (1999). Pendidikan Moral: Teori Etika dan Amalan Moral. Selangor: Universiti Putra Malaysia.

Abd al-Latif Muhammad Abd (1985). Akhlaq fi al-Islam. Kahirah: Maktabah Dar al-Thaum.

Aisyah Syati (1969). Maqal fi al-Insan, Dirasah Qur’aniyah. Kairo: Darul Ma’arif. Terj. oleh Ali Zawawi (1999). Manusia Dalam Perspektif Al-Quran. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Ali Abdul Halim Mahmud (1995). Akhlak Mulia. Terj. oleh Abdul Hayyie al-Kattani et. al. (2004). Jakarta: Gema Insani Press.

Al-Ghazali (t.t.). Ihya Ulum al-Din. Juz 5, Beirut, Libanon: Dar al-Ma’arif.

Al-Ghazali (1967). Ihya ulum al-Din. Juz 1, Qahirah: Mu’assah al-Halabi wa Syarikah li al Nasyri wa at-Tauzi’.

Al-Ghazali (1967). Ihya ulum al-Din. Juz 3, Qahirah: Mu’assah al-Halabi wa Syarikah li al Nasyri wa at-Tauzi’.

Al-Ghazali (1964). Mizan al-Amal. Oleh Sulaiman Dunya. Kaherah: Dar al-Ma’arif.

Al-Ghazali (1980). Ayyuha al-Walad al-Muhib. Oleh Abdullah Ahmad Abu Zinah. Dar al-Syuruq.

Anton Bakker dan Achmad Charris Zubair (1989). Metodologi Penelitian Filsafat.Yogyakarta: Kanisius.

Anderson, G. (1998). Fundamentals of Educational Research. New York: Falmer Press.

Asmawati Suhid (2009). Pendidikan Akhlak dan Adab Islam Konsep dan Amalan. Kuala Lumpur: Utusan Publications & Distributors Sdn. Bhd.

Azizah Zakaria (2004). Penghayatan terhadap beberapa aspek dalam filsafat etika Al-Ghazali: Kajian di kalangan pelajar Universiti Teknologi Mara (UiTM) Shah Alam, Selangor Darul Ehsan. Disertasi. Universiti Malaya. Kuala Lumpur.

Franz Magnis Suseno (1987). Etika Dasar: Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral, Yogyakarta: Kanisius.

Fuad Moh. Fachruddin (1970). Dialektika Islam: Alam Pikiran Islam. Bandung: Diponegoro.

Harun Din (2001). Manusia dan Islam. Jilid 2. Selangor Darul Ehsan: Dewan Pustaka dan Bahasa.

Ibn Miskawayh (1398). Tadhib al-Akhlaq wa Tathhir al-A’raq. Beirut: Mansyurah Dar al-Maktabah al-Hayat.

Ibn Miskawayh (1398). The Refinement of Character. Terj. oleh Constantine K. Zurayk (1968). Beirut: American University of Beirut.

Imran Effendy Hasibuan (2003). Pemikiran Akhlak Syekh Abdurrahman Shiddiq al-Banjari. Pekanbaru: LPNU Press.

Kneller, G.F. (1971). Foundations of educations. New York: John Wiley and Sons, Inc.

Koetting, J. R., & Malisa, M. (2004). Philosophy, research, and education. In D. H. Jonassen (Ed.), Handbook of research in educational communications and technology (2nd ed., pp. 1009-1020). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

M Abdul Haq Ansari (1964). The Ethical Philosophy of Miskawaih. India: The Aligarh Muslim University Press.

Mustafa Dib Bugha (1997). Nidham al-Islami fi al-‘Aqidah wa al-Akhlaq wa al-Tashri’. Damsyik: Dar al-Mustafa.

Mu’jam Wajiz (2000).Mesir: Kementerian Pendidikan dan Pengajaran.

Mohd. Hussain Rusli (2003). Pembangunan Insan: Kajian Perbandingan Antara Al-Ghazali dan Ibn Khaldun. Disertasi. Universiti Malaya. Kuala Lumpur.

Mohd Jais Anuar Bin Ahmad (2003). Metod Pembinaan Sahsiah Diri: Satu Analisis Terhadap Pemikiran Filsafat Akhlak Ibn Ibn Miskawayh Menerusi Kitab Tahdhibul Al-Akhlaq. Disertasi. Universiti Malaya. Kuala Lumpur.

Mohd. Nasir Omar (1986). Filsafat Etika: Perbandingan Pendekatan Islam dan Barat. Kuala Lumpur: Bahagian Hal Ehwal Pelajar Jabatan Perdana Menteri.

Muhammad Sayyed Naim (1996). Fi al-Ilmi al-Akhlaq, Syirkah al-Tibaáh al-Fanniyah al-Muttahiddah.

Mohd. Sullah (2010). Studi Komparasi Konsep Pendidikan Akhlak Syed Muhammad Naquib al-Attas dan Ibnu Miskawaih. Kertas Projek. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.

Muhammad Wahyuni Nafis (2006). Yakin Diri 9 Jalan Cerdas Emosi dan Cerdas Spiritual. Jakarta: Hikmah.

Miqdad Yaljan (1973). Al-Ittijah al-Akhlaqi fi al-Islam, Kaherah: Maktabah al-Khanaji.

Sidi Gazalba (1978). Ilmu Islam III. Kuala Lumpur: Offset Bumikita.

Wingo, M. (1974). Philosophy of education: An intoduction. Lexington, MA: D. C. Heath.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.