KEMAMPUAN MENULIS ANAK MELALUI PERMAINAN SENTRA

Mikyal Oktarina

Abstract


pembelajaran sentra dan lingkaran adalah pembelajaran berpusat pada anak, menempatkan setting lingkungan main pada anak sebagai pijakan awal yang penting hingga pijakan akhir , memberikan dukungan penuh kepada setiap anak didik untuk aktif, kreatif dan berani mengambil keputusan, peran pendidik yaitu sebagai fasilitator, motivator, dan evaluator, kegiatan anak berpusat di sentra-sentra main yang berfungsi sebagai pusat minat bermain anak. Dalam bermain anak berinteraksi dengan lingkungannya.Pengalaman bermain yang tepat dapat mengoptimalkan seluruh aspek perkembangan anak, baik nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional dan seni pada anak.Melalui model sentra anak dirangsang untuk secara aktif melakukan kegiatan bermain sambil belajar disentra-sentra pembelajaran. Adapun tujuan dari model pembelajaran sentra itu sendiri yaitu: untuk merangsang aspek perkembangan anak usia dini, dapat menciptakan setting pembelajaran yang merangsang anak untuk dapat lebih aktif dan kreatif bukan hanya sekedar mengikuti perintah dan meniru saja dan pembelajaran berdasarkan sentra  dapat melalui pijakan untuk membangun pembiasaan seperti aturan kepada anak.Jadi tahapan kemampuan menulis anak kita terapkan dalam sentra bermain ini. kegiatan menulis pada anak menjadi efektif, meningkat. Karena setelah si anak melihat, mendengar, memegang benda disekitar dan kemudian ditorehkan dalam bentuk tulisan.

Full Text:

PDF

References


Sofia Hartati, Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini, (Jakarta: Direktur Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2005)

Sabarti Akhadiah, dkk, Bahasa Indonesia I, (Jakarta: Depdiknas, 1991-1992)

Haryadi & Zamzami, Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia, (Jakarta: Depdiknas, 1996-1997)

Wiyanto, Terampil Menulis Paragraf, (Jakarta: PT. Grasindo, 2004)

Dalman, Keterampilan Menulis, (Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2014)

Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005)

Fitria Evy, Penerapan Model Beyond Centers and Circle Time SD Kelas Satu, (Jakarta: Depdiknas, 2014)

Ine Rahaju, Analisis Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Yang Menggunakan Model Beyond Center And Circle Time, (Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2014)

Luluk Asmawati, Perencanaan Pembelajaran PAUD, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.