METODOLOGI PEMBELAJARAN PAI TERHADAP ANAK USIA DINI
Abstract
Metodelogi pembelajaran adalah ilmu yang membicarakan tentang jalan atau cara yang harus dilalui guna mencapai tujuan pendidikan atau menguasai kompetensi tertentu yang dirumuskan dalam silabus mata pelajaran. Metodologi pendidikan tidak berarti apabila tidak dilaksanakan dalam praktek pendidikan. Untuk pengajaran nilai-nilai moral dan agama menjadi aspek utama dalam lingkup pengembangan karakter anak usia dini. Untuk merealisasikannya, lembaga memprogramkan berbagai kegiatan dan target indikator pencapaian yang banyak mengandung edukasi keagamaan dan moral. Pembelajaran sesungguhnya adalah suatu kegiatan yang dilakukan guna menciptakan suasana/memberikan pelayanan agar anak belajar. Oleh karena itu, harus dipahami bagaimana anak memperoleh pengetahuan dari kegiatan belajarnya. Apabila guru dapat memahami proses pemeroleh pengetahuan, maka guru akan dapat menentukan metode pembelajaran yang tepat bagi anak-anak didiknya. Metode pembelajaran PAI yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini antara lain bermain, bernyanyi, karyawisata, bercerita, demonstrasi, bercakap-cakap, proyek dan pemberian tugas.
Full Text:
PDFReferences
A. Tabrani Rusyan, dkk., Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remadja Karya CV, 1989.
Abdul Ghofir, Proses Belajar-Mengajar, Malang: IAIN Sunan Ampel Fak. Tarbiyah, 1987.
Direktorat PADU, Acuan Menu Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, (Menu Pembelajaran Generik), Jakarta: Direktorat PADU-Ditjen PLSP-Depdiknas, 2002.
Direktorat PADU, Informasi Tentang Pendidikan Anak Dini Usia Pendidikan Prasekolah Pada Jalur Pendidikan Luar Sekolah, Jakarta: Direktorat PADU-Ditjen PLSP-Depdiknas, 2001.
Gunawan, Kurikulum dan Pembelajaran PAI, Bandung: ALFABETA, 2013.
http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_anak_usia_dini.Lihatjugahttp://hidayatsoeryana.wordpress.com.
Imung Gendrowati, “Pendidikan Anak Usia Dini Berwawasan Lingkungan (Studi Kasus di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bacan, Halmahera Selatan)”, Jurnal Penelitian PAUD Quantum, Nomor 1 Tahun 2012.
Kementerian Agama RI, Kurikulum RABATA, 2010.
Khasan Ubaidillah, “Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal di RAQudsiyyah Kudus”, Jurnal Penelitian PAUD Quantum, Nomor 1 Tahun 2012.
Moeslichatoen. R, Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004.
Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Ramayulis, Metodelogis Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005.
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2014.
Setyoadi Purwanto, “Pengembangan Lagu Model Sebagai Media Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini”, Jurnal Penelitian PAUD Quantum, Nomor 1 Tahun 2012.
Soemiarti Patmonodewo, Pendidikan Anak Prasekolah, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.
Suminah, “Manajemen SDM dan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Komparasi RA Dharma Wanita Persatuan UIN Sunan Kalijaga dan TK Anggono Rini”, Jurnal Penelitian PAUD Quantum, Nomor 1 Tahun 2012.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 4 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Yunus Namsa, Metodelogi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2000.
Refbacks
- There are currently no refbacks.