KREATIVITAS USTADZ/ USTADZAH DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK DI TPQ TGK MAKAM GAMPONG ALUE DEAH TEUNGOH KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH

Nurhayati Nurhayati, Keumala Keumala

Abstract


Pokok masalah penelitian ini tentang kreativitas Ustadz/Ustadzah dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada anak di TPQ Tgk Makam, Faktor penunjang dan penghambat dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada anak di TPQ Tgk Makam. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dari data yang dihasilkan melalui metode observasi, interview dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kreativitas Ustadz/Ustadzah dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada anak dapat dikatakan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari segi memilih dan menggunakan metode secara tepat dalam pengajaran membaca Al-Qur’an dengan melihat dan mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhinya dengan melakukan pendekatan-pendekatan pada anak tersebut, sehingga anak merasa senang dan dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan serta timbulnya minat untuk lebih aktif dalam proses belajar membaca Al-Qur’an. Dalam mengelola kelompok belajar membaca Al- Qur’an Ustadz/Ustadzah memiliki cara yang berbeda-beda, hal ini dapat dilihat pada permulaan belajar yang memulainya dengan memberikan arahan berupa ceramah pada anak-anak tentang apa yang mereka lakukan, ada juga yang terlebih dahulu membuat sebuah edukasi berupa permainan meniru agar anak semangat dalam belajar membaca Al-Qur’an. Upaya yang lain untuk mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an adalah selalu memberikan motivasi/ apresiasi bagi anak dan memperkuat semangat dalam jiwanya.


Full Text:

PDF

References


Departemen Agama Republik Indonesia, Mushaf An-Nazhif Edisi Terjemahan Tajwid, Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2013.

Lexy. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

M. Dahlan. Y. Al-Barry dan L. Lya Sofyan Yacob, Kamus Induk Istilah Ilmiah, Seri Intelektual, Surabaya: Target Press, 2003.

M. Dalyono, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Ribeka Cipta, 2015.

Qanita Alya, Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pendidikan Dasar, Bandung: Indahjaya Adipratama, 2009.

Sayid Muhammad Alwi Al-Maliki, Keistimewaan-Keistimewaan Al-Qur’an Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2001.

Sudarwan Danim, Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora, Cet. II, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Tabrani ZA, Arah Baru Metodologi Studi Islam, Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2015.

Utami Munandar, Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.