ASPEK PERKEMBANGAN KECERDASAN MORAL PADA ANAK USIA DINI

Nurainiah Nurainiah

Abstract


Anak memiliki beberapa aspek perkembangan yang harus distimulasi sejak usia dini, di antaranya aspek intelektual, fisik motorik, sosial, emosional, bahasa, moral dan keagamaan. Lingkungan baik diperlukan anak untuk membentuk moralitas yang baik, tetapi lebih baik apabila anak dapat menerapkan sikap moralitas tersebut sesuai situasi dan kondisi di lingkungan mana anak tersebut berada. Dimensi kecerdasan moral, yaitu perilaku yang konsisten sesuai prinsip; kejujuran dalam berbicara; berpihak pada kebenaran; janji yang ditepati; pilihan pribadi dipertanggungjawabkan; kesalahan dan kekurangan diakui; membantu orang lain; kepedulian pada orang lain; mengakui kesalahan diri sendiri; dan  memaafkan kesalahan orang lain. Adapun faktor yang mempengaruhi perkembangan kecerdasan moral adalah pendidikan, kecerdasan, interaksi sosial, teman sebaya, jenis kelamin dan usia anak. Sedangkan metode pengembangan kecerdasan moral anak usia dini di antaranya adalah menumbuhkan perasaan cinta kepada Allah swt, menciptakan rasa aman, mencium dan membelai anak, menanamkan rasa cinta tanah air, meneliti dan mengamati, menyentuh dan mengaktifkan potensi berpikir anak, memberikan penghargaan, pendidikan jasmani, teladan, pengulangan dan memenuhi kebutuhan bermain.

Full Text:

PDF

References


A. Inawati, “Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini Asti Inawati”, Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 3, No. 1, 2017.

Ahsan, dkk, “Hubungan antara Pola Asuh Orang tua (Ibu) yang Bekerja dengan Tingkat Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah (4-5) Tahun di TK Mutiara Indonesia Kedungkandang Malang”, Journal of Educational Innovation, Vol. 2, N0. 2, 2014.

BPF. Hermuttaqien dan Mutatik, “Penanaman Nilai- Nilai Moral pada Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak”, Jurnal Moral Kemasyarakatan, Vol. 3, No. 1, 2018.

D. Lutfia & Duryati Mardianto, “Pengaruh Outbond terhadap Kecerdasan Moral Anak Sekolah Dasar”, Jurnal RAP UNP, Vol. 5, No. 2, 2014.

Ernawati, dkk, “Pembinaan Moral Peserta Didik Melalui Eksplorasi Lingkungan di SMP Nasima Semarang”, Civic Education Journal, Vol. 2, No. 1, 2016.

Falakhul Auliya, dkk, Kecerdasan Moral Anak Usia Dini, Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management, 2020.

Farida Agus Setiawati, “Pendidikan Moral Dan Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini; Bukan Sekedar Rutinitas”, Jurnal Paradigma, Vol. 1, No. 02, 2006.

Karendehi, dkk, “Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kecerdasan Moral pada Anak Usia 12-15 Tahun di SMP Negeri 1 Tabukan Selatan Kabupaten Sangihe”, Ejournal Keperawatan, Vol. 4, No. 1, 2016.

L. Maharani, “Perkembangan Moral Pada Anak”, KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), Vol. 1, No. 2, 2014, https://doi.org/10.1371/journal.pone.0091987

M. Aalbehbahani, Moral Intelligence, Identity Styles and Adjustment In Adolescent, In The European Proceedings of Social & Behavioural Sciences (pp. 84–94). https://doi.org/10.15405/epsbs.2015.01.10.

M. Iskarim, “Dekadensi Moral di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi PAI dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa”, Edukasia Islamika, Vol. 1, No. 1, 2016.

M. Toprak & M. Karakus, “Teachers’ Moral Intelligence: A Scale Adaptation Into Turkish and Preliminary Evidence”, European Journal of Educational Research, Vo. 7, No. 4, 2018, https://doi.org/10.12973/eu- jer.7.4.901.

Mardi Fitri dan Na`imah, “Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Isia Dini”, Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3, No. 1, 2020.

OS. Hidayat, Metode Pengembangan Moral dan Nilai- nilai Agama, Jakarta: Universitas Terbuka, 2017.

P.H. Pebriana, “Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng", Jurnal Obsesi, Vol. 1, No. 2, 2017.

Pranoto dan Khamidun, “Kecerdasan Moral: Studi Perbandingan pada Anak Usia 4-6 Tahun”, Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), Vol. 2, No. 1, 2019.

Rifa, “Strategi Pengembangan Kecerdasan Moral Siswa di Sekolah Berbasis Islamic Boarding School”, In Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.