NATURALISME (Pemikiran Alamiyah Materialistik dan Pluralistik Pendidikan)

Muhammad Syarif

Abstract


Naturalisme merupakan aliran yang menyakini adanya pembawaan dan juga milieu (lingkungan). Aliran naturaalisme memandang bahwa anak diciptakan oleh penciptanya itu baik sedangkan lingkungan itu buruk. Implikasi di bidang pendidikan terhadap aliran filsafat naturalisme memandang bahwa sekolah merupakan hal utama yang akan mengembangkan proses belajar tiap peserta didik untuk dapat menemukan dan mengembangkan kepribadiannya dengan memperhatikan karakteristik dan perkembangan alam yang ada pada drinya sendiri. Islam memandang aliran naturalisme adalah aliran yang memandang bahwa manusia diciptakan agar dapat belajar dan berpikir untuk kembali kepada pencipta-Nya, dalam hal ini implikasi di dunia nyata bahwa proses pendidikan dilakukan dengan berafiliasi kepada prinsip keTuhanan.

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Afidburhanuddin. 2013. Penerapan Aliran Naturalisme dalam Pembelajaran. http://afidburhanuddin.wordpress.com/2013/11/21/penerapan-aliran-naturalisme-dalam-pembelajaran-3/.

Bobbi De Porter, Mike Hernacki, Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bandung : Kaifa, 2000.

Dahlan Al Barry, Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Penerbi Arkola, 2000.

http://muhamad1707.blogspot.co.id/2013/03/makalah-ilmu-pendidikan.html

Idarmaningtyas, Edi Subhan, Fahmi Panimbang, Melawan liberalism Pendidikan, Surabaya: Madani Wisma Kalimitro, 2014.

Indrakusuma dan Amir Daien, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 2005.

Jalaluddin Rakhmat, Meraih Cinta Ilahi: Pencerahan Sufistik, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2000.

John S. Brubacher, A History of the Problems of Education, New York: McGraw-Hill Book Company, 1947.

Kelvin Seifert , pedoman pembelajaran dan intruksi pendidikan. Jogjakarta: IRCISOD 2012.

Loren Bagus, Kamus Filafat, Jakarta: Gramidia Pustaka Utama, 2000.

Omar Muhammad al-Taumi al-Syaibani, Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Paul Ricoeur, Teori Interpretasi, Jogjakarta: IRCISOD, 2012.

Rasjidi, Persoalan-Persoalan Filsafat, Jakarta: Bulan Bintang 1984.

Umiarso dan Zamroni, Pendidikan Pembebasan Dalam Perspektif Barat Dan Timur, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.