MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DALAM PANDANGAN PSIKOLOGI ISLAM

Fitriah M. Suud

Abstract


Mengembangkan kecerdasan emosional anak sejak dini akan membantu membangun proses berfikir rasional dan dapat membuat keputusan yang baik di masa depan, dia juga akan memahami dirinya sendiri dan orang lain. Anak-anak akan lebih siap menghadapi masalah kehidupan. Dengan kecerdasan emosional anak-anak dapat menahan marah, bisa bergaul dan menerima berbagai macam perbedaan dengan orang lain. Sehingga nantinya ia akan tumbuh menjadi anak yang bukan hanya cerdas kognitifnya akan tetapi sehat mentalnya dan bagus emosinya serta berakhlak mulia. Orang tua dan Guru merupakan faktor sentral dalam pendidikannya di rumah dan di sekolah sehingga kemampuan Orang tua dan Guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak menjadi hal yang perlu diperhatikan. Selain itu juga menjadi hal penting adalah bagaimana upaya dan faktor yang dapat menghalangi seorang Orang tua dan Guru dalam usahanya meningkatkan kecerdasan emosional anak.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono, 1999, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Ali, Muhammad. 2009. Guru dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinarbaru Algesindo.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian ; Suatu Tindakan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Berk, Ronald A. 2005. Survey of 12 Strategies to Measure Teaching Effectiveness. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, Volume 17, Number 1, 48-62.

Hurlock, Elizabeth. Perkembangan Anak (Jilid 1), terj. Tjandrasa, Med. Meitasari (Jakarta: Erlangga. 2012.

Hurlock. (1999). Psikologi Perkembangan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Lima. Jakarta: Airlangga.

Darajat, Zakiah. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Fridani, Lara. 2009. Inspiring Eucation; Kado Istimewa untuk Guru dan Orang Tua. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Gujarati, D. 1988. Ekonometrika Dasar. Erlangga : Jakarta.

Gurney, Philiph. 2007. Five Factors for Effective Teaching. New Zealand Journal of Teachers’ Work, Volume 4, Issue 2, 89-98.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.

Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Inskurindro, R., Maryatmo, Aliman, Sri Yani Kusumastuti, A. Ika Rahutami. 2004. Modul Ekonometrika Dasar. Modul Kerjasama Bank Indonesia dan Fakultas Ekonomi UGM. Yogyakarta.

Khoiruddin Bashori, 2006, Psikologi Keluarga Sakinah, Yohyakarta: Suara Muhammadiyah.

Ismail. 2011. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang : Rasail.

Lue, Elizabeth. 2004. Developing a Positive Environment for Teacher Quality. U.S: EQUIP, page 1-8.

Lawrence E. Shapiro. (1998). Mengajarkan Emotional Intelligence. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Maragustam. 2010. Mencetak Pembelajar Menjadi Insan Paripurna. Yogyakarta : Nuha Lentera.

Muijs, Daniel dan David Reynolds. 2008. Efective Teaching ; Teori dan Aplikasi. Terj. Helly Prajitno Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Muhaimin, 2003. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Mustaqim, 2001, Psikologi Pendidikan,: Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Naumescu, Adrienne Kozan. 2008. Science Teacher Competencies In A Knowledged Based Society. Acta Didactica Napocensia. Volume 1, Number 1. Page 25-31.

Nur’aini. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Semarang : UNNES Press.

Pam Galbraith dan Rachel C. Hoyer. (2005). Kecerdasan Emosional Yang Dibutuhkan Oleh Anak Anda, Batam: Gospel Press

Peralta, Helena & Fernando Albuquerque Costa. “Teacher’s Competence and Confidence Regarding the Use of ICT”. Sísifo / Educational Sciences Journal No. 3 May/Aug 2007. Page 75 84.

Pidarta, Made. 2009. Landasan Kependidikan ; Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.

Pillay, Hitendra, Richard Goddard And Lynn Wilss. 2005. Well-Being, Burnout And Competence: Implications For Teachers. Australian Journal Of Teacher Education. Vol. 30, No.2, November, 2005.

Rahmawati, Yeni dan Euis Kurniati.2010. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak.Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press.

Salahudin, Anas. 2011. Filsafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Santrok, John. W. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press.

Santrock, John. W. 2008. Perkembangan Anak. Jilid 1. Jakarta: Gramedia.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.

Sarwoko. 2005. Dasar-Dasar Ekonometrika. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Educational Perspective ; Teori-teori Pembelajaran Perspektif Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Selvi, Kiymet. 2010. Teachers’ Competencies. Cultura. International Journal of Philosophy of Culture and Axiology, vol. VII, no. 1/2010.

Sudjana, Nana dan Achmad Riva’i. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Cet. ke-10. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sumantri, Mulyani. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sunarto. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono, 2009.Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Predana

Suyadi. 2011.Manajemen PAUD ; TPA-KB-TK/RA. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Supriyadi. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu.

Syah, Muhibbin. 2010.Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Tafsir, Ahmad. 2006. Metodologi Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. 2008. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran.Cet. ke-3.Jakarta : Bumi Aksara.

Usman, Mohamad Uzer, 2000, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet. 2.

Vonta, Tatjana. 2000. Quality Indicators in Preschool Education. International Conference Proceeding. Brdo pri Kanju, Slovenia, 8-10 April 2000.

Wahyudin, Uyu dan Mubiar Agustin. 2011. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran ; Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Zulfa, Umi. 2009. Strategi Pembelajaran. Cilacap : Al Ghazali.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.