KONSEP PENDIDIKAN ISLAM SEPANJANG HAYAT

Syahrul Riza

Abstract


Pendidikan Sepanjang Hayat adalah suatu konsep tentang belajar terus menerus dan berkesinambungan (continuing-learning) dari buaian sampai akhir hayat, sejalan dengan fase-fase (tahapan-tahapan) perkembangan pada manusia. Pendidikan adalah proses ynag mengandung spirit untuk membawa peserta didik menuju pada sebuah harapan. Hal ini bisa dipahami karena manusia memiliki keinginan-keinginan untuk menjadi baik dan maju dalam berbagai aspek kehidupan. Sehingga pada tataran praktis pendidikan betul-betul dibutuhkan dengan kenyataan bahwa pendidikan adalah proses yang paling efektif untuk terpenuhinya kebutuhan tersebut. Islam sebagai agama terakhir yang paling sempurna memiliki ajaran bahwa kehidupan manusia berlangsung pada dua dimensi: dimensi dunia dan dimensi akhirat. Dari pola hidup yang sedemikian luasnya, dengan pasti, Islam menawarkan pendidikan yang berlangsung tanpa batas dimana secara rinci dan praktis konsep tersebut digali untuk selanjutnya bisa diterapkan dengan dasar yang jelas.

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahnya. Departemen Agama, Al-Qur’an Dan Terjemahan, Jakarta: Rosdakarya, 1997.

Akyawi, Abdul Karim, At-Tarbiyah wa At-Ta’lim Fi Madrasatil Muhammadiyah, Metode Nabi dalam Mendidik dan Mengajar, Terjemahan Muhyiddin Mas rida, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2009.

An-Nasai, Imam, Sunan An-Nasai, Juz IV, Mesir:Darul Wahaby Asy-Sya’bi.

Al-Rasyidin, Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2005.

Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu pendidikan. Jakarta: Rineka cipta, 2001.

Bakkar, Abdul Karim, 75 Langkah Cemerlang Melahirkan Anak Unggul, Jakarta: Robbani Press, 2004.

Budiman, M. Nasir, Pendidikan Dalam Perfektif Al-qur’an, Jakarta: Madani Press, 2001.

Furqan, Abu, Meniti Jalan Para Ulama, diakses melalui situs, http//:blog-abufurqan.com, 30 Januari 2012.

Faisal, Sanapiah, Pendidikan Luar Sekolah; Di Dalam Sistem Pendidikan dan Pembangunan Nasional , Surabaya : Usaha Nasional, 1981.

Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

Idi, Abdullah & Toto Suharto, Revitalisasi Pendidikan Islam, Yogyakarta, Tiara Kencana, 2006

Marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung : Al-Ma’arif, 1962.

Mutahhari, Murtadlo, Perspektif al-Qur’an Tentang Manusia dan Agama, Bandung : Mizan, 1992.

Maulawy, Said Muhammad Mendidik Generasi Islami, Jogyakarta: Izzan Press, 2002.

Murshafi , Muhammad Ali, Mendidik Anak Agar Cerdas dan Berbakti, Solo: Ziyad Visi Media, 2009.

Mudyahardjo, Redja Filsafat Ilmu Pendidikan, Bandung: Ramaja Rosdakarya, 2008.

Naisabury, Imam Abi al Husain Muslim bin al Hajjaaj al Qusairy Al, Shahih Muslim, Juz II.

Nasai, Imam An- Sunan An-Nasai, Juz IV, Mesir:Darul Wahaby Asy-Sya’bi,t.t.

Nata, Abudin, Pemikiran para Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta, RagaGrafindo Persada, 2000

Quthub, Muhammad, Sistem Pendidik Islam, Bandung: Al-Maarif, 2004.

Rahman, Fazlur Major Themes of The Qur’an, Chicago : Bibliotica, 1980, h. 34; Lihat Fazlur Rahman, Prophency of Islam : Philosophy and Ortodoxy, London : George Allen & UnwinLtd., 1957, h. 52-53; Lihat Murtadlo Mutahhari, Perspektif al-Qur’an Tentang Manusia dan Agama, Bandung : Mizan, 1992.

Rif'an, Jurnal Konsep Pendidikan Islam dimasa Rasulullah : Periode Makkah dan Madinah, 11 mei 2012.

Rohendi, Ali Maksum, Luluk Yunan Ruhendi, Paradigma Pendidikan Universal di Era Modern dan Pots Modern, Mencari Visi Baru atas Realitas Baru Pendidikan Kita, Yogyakarta, IRCiSod, 2004.

Shihab, M. Quraish, wawasan Al-Qur’an, Bandung : Mizan, 2003.

Sadulloh, Uyoh Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2008.

Sudirman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press, 2004.

Shawwaf, Muhammad Syarif Ash- Tarbiyyah Al-Abna’ Wa Al-Murahiqin Min Manzhar Asy-Syariah Al-Islamiyyah, Kiat-Kiat efektif Mendidik Anak dan Remaja, Terj. Ujang Tatang Wahyuddin, Bandung: Pustaka Hidayah, 2003.

Syam, M. Noor, Pengantar Dasar-Dasar Pendidikan, Jakarta, Usaha Nasional, 1998

Umar, Hasyim, Cara Mendidik Anak Dalam Islam, Surabaya: Bina Ilmu. 2003.

Wijdan, Muslih Usa dan Aden, Penyunting, Pendidikan Islam dalam Pradaban Industrial, Yogyakarta, Aditya Media, Cet.1, 1997

Yaqin, M. Ainul, Pendidikan Multikultural Cross Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan, Yogyakarta, Pilar Media, 2005.

Yoesoef, Soelaiman Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah, Jakarta : Bumi Aksara, 1992.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.