PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERPIKIR DAN PROBLEM SOLVING DALAM PMB PADA SISWA SD NEGERI 15 JEUNIEB KABUPATEN BIREUEN

Muhammad Syarif

Abstract


Pembelajaran berdasarkan masalah sangat penting bagi peserta didik dimana pembelajaran berdasarkan masalah menjembatani antara pembelajaran disekolah dan pembelajaran yang ada dimasyarakat yang mana siswa akan mengalami permasalahan dalam kehidupanya. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving dapat menigkatkan ketrampilan berpikir pada saat proses belajar mengajar (PBM) di SD Negeri 15 Jeunieb. Penggunaan metode pemecahan masalah (problem solving) dengan merumuskan masalah, memberikan dan menganalisi argumen, melakukan deduksi, melakukan induksi, mengevaluasi, mengambil keputusan, serta melaksanakan tindakan terutama dalam proses belajar mengajar (PBM) pada siswa kelas V SD Negeri 15 Jeunieb. Siswa telah mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah yang diberikan oleh guru dan mempertanggungjawabkan serta mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari siswa. Berdasarkan hasil belajar yang diukur selama berlangsungnya penelitian ini, proses belajar mengajar (PBM) pada siswa kelas V SD Negeri 15 Jeunieb belum menunjukkan perkembangan yang berarti, namun diharapkan terjadi peningkatan pada tahap selanjutnya yaitu telah mencapai KKM yang ditetapkan yaitu sebesar 80%. Hasil ini dapat diinterpretasikan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan sebelum tindakan, mengalami peningkatan yang besar.

Full Text:

PDF

References


Alec Fisher, Critical Thinking, editor Gugi Sahara, Jakarta: Erlangga, 2009

Ali Hamzah dan Muhlisrarini, Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika, Jakarta: Rajawali Pres, 2014.

Arrend Richard, Learning To Teach Belajar Untuk Mengajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

B. Jhonson Ellaine, Contextual Teaching and Learning, editor Awasilah, Bandung: MLC, 2007)

Conny R. Semiawan, Kreativitas keberbakatan, Jakarta: Indeks, 2009.

Kowiyah, Kemampuan Berpikir Kritis, Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3, No 5-Desember 2012.

Made Wena, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Jakarta: Bumi Akasara, 2011.

Nasution. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Sumarmi, Model-Model Pembelajaran Geografi, Malang: Aditya Media Publishing, 2012.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Asdi Mahasatya, 2006.

Utomo Danajaya, Media Pembelajaran Aktif, Bandung: Nuansa, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.