ANALISA KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI

Wardi A. Wahab

Abstract


Konsep Pendidikan ahklak pada Anak Usia Dini dalam pandangan al-Ghazali merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan formal dengan menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio-emosional (sikap dan perilaku serta agama), bahasa, dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Melalui Pendidikan ahklak pada Anak Usia Dini menurut Al-Ghazali, anak dapat dididik oleh gurunya dengan metode dan kurikulum yang jelas yaitu Metode mujahadah dan riyadhah-nafsiyah (ketekunan dan latihan kejiwaan) menurut Imam Al-Ghazali adalah membebani jiwa dengan cara mengulang-ulangi amal perbuatan yang difokuskan pada khuluk yang baik. Mereka dapat bermain dan menyalurkan energinya melalui berbagai kegiatan fisik, keterampilan dan seni. Belajar berinteraksi secara interpersonal dan intrapersonal secara bertahap dapat dikenalkan huruf atau membaca, lingkungan hidup, pertanian, dan alam semesta. Pengenalan itu tidaklah berlebihan, karena dalam penyampaiannya disesuaikan dengan dunia anak, yakni dunia bermain sehingga proses belajarnya menyenangkan. Anak memang seringkali mengeskpresikan ide dan perasaannya melalui permainan, sehingga ketika mereka merasa menikmati dan senang dengan apa yang diajarkan itu, maka dengan sendirinya akan bermanfaat bagi perkembangannya yang dilakukan dengan cara yang bijak dan penuh kasih sayang.

Full Text:

PDF

References


Ali Abdul Halim Mahmud, Akhlak Mulia, Jakarta: GemaInsani, 2004

Ali Al-Jumbulati dan Abdul Futuh At-Tuwaanisi, Perbandingan Pendidikan Islam, Jakarta: Rineka Cipta, 1993

Achmad Patoni, Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Bina Ilmu, 2004

Ahmad Syaifuddin, Peranan Peran Pemikiran Imam Al-Ghazali, dalam Pengembangan Pendidikan Islam Berdasrkan Al-Qur’an dan As-Sunnah, Bandung: PustakaSetia, 2005

Amunuddin, Pendidikan Agama Islam, Bogor: Ghalia Indonesia, 2005

A. syaefuddin, Percikan Pemikiran Imam Al Ghazali, Bandung: Pustaka Setia, 2005

Azymardi Azra. Pendidikan Islam, Tradisi dan modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta. Wacana Ilmu.2002.

http://blog.beswandjarum.com/thantienhidayati/2009/10/02/kebijaksanaan-dari-timur-pendidikan-akhlak-ala-al-ghazali/comment-page-1/

http://cahyaIslami.wordpress.com/2009/05/07/mendidik-akidah-dan-akhlak-anak/http://uniga.ac.id/cetak.php?id=51

Jalaluddin, TeologiPendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003

Jamaluddin Idris, Kompilasi Pemikiran Pendidikan, Yogyakarta: Suluh Press, 2005

Mahmud Yunus, Pendidikan dan Pengajaran, Jakarta: Hidakarya Agung, 2006

Mujamil Qomar, Epistemologi Pendidikan Islam, Jakarta: Erlangga, 2005

Munardji, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bina Ilmu, 2004

M. Sholihin dan M. Rosihan Anwar, Akhlaq Tasawuf, Etika, Bandung: Nuansa, 2005

Omar Mohammad Al-Toumy Al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1979

Sahilun A. Nasir, TinjauanAkhlak, Surabaya: Al-Ikhlas, 1991

Yusuf Al-Qardhawy, Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan Al- Banna, Jakarta: Bulan Bintang, 1980

Tim Dosen IAIN Sunan Ampel Malang. Dasar-Dasar Kependidikan Islam Surabaya: P.TKarya Aditama.

Zakiah Daradjat, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 2003

Zainuddin Hamid, fachruddin, Tafsir Qur’an, Jakarta: Widjaya, 1979

Zulkarnain, Transformasi Nilai-nilai Pendidikan Islam,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.