PEMBELAJARAN DARING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI GAMPONG IBOIH SABANG

Safna Safna

Abstract


Keresahan orang tua dalam menanggapi wabah penyakit covid-19 juga berefek pada emosi anak, sehingga anak merasakan keresahan. Begitu juga dalam hal pembelajaran ketika lingkungan anak terbiasa dengan sekolah normal, dengan lingkungan sosial yang ramai dengan guru dan teman-temannya ketika anak harus dihadapkan dengan sekolah daring tanpa bertemu teman-teman dan guru saat belajar membuat perubahan emosi dan efek yang berbeda pada anak, perubahan emosi inilah yang menjadi permasalahan. Pembelajaran daring berpengaruh negatif terhadap kecerdasan emosional anak di Gampong Iboih, adanya pembelajaran daring membuat anak mengeluarkan reaksi emosi yang negatif saat pembelajaran daring di rumah bersama orangtua (ibu). Kecerdasan emosional anak terhambat selama belajar daring, dampak negatif daring menimbulkan penurunan EQ pada anak, anak cepat merasa bosan ketika belajar dan mengeluarkan emosi negatif kepada orangtua dan anak cenderung tidak dapat mengontrol emosinya sendiri kepada orangtua. Peran orangtua dalam pembelajaran daring berpengaruh paling besar terhadap kecerdasan emosional anak, rata-rata pemahaman orangtua yang membuat kecerdasan emosional anak terhambat atau tidak maksimal selama pembelajaran daring. Peran guru dalam pembelajaran daring tetap sebagai pendidik, metode yang dilalukan guru saat daring menyiapkan bahan ajar/ media pembelajaran kepada anak dan mengevaluasi anak berdasarkan feedback dari orangtua anak.

Full Text:

PDF

References


Carol Seefeldt Dan Barbara A. Wasik, Early Education: Three, Four, And Five Years Old School, Pendidikan Anak Usia Dini. Terjemahan Pius Nasar, PT Indeks: Jakarta, 2006.

Cipta Pramana, Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dimasa Pandemi Covid-19 Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini Volume 2 Nomor 2 Juli 2020.

Darmadi, Guru Jembatan Revolusi, Kekata Group: Surakarta, 2018.

Edi Hendry Mulyana, Kemampuan Anak Usia Dini Mengelola Emosi Diri Pada Kelompok B di Tk Pertiwi, Jurnal Paud Agapedia Vol.1 No. 2 Desember 2017.

Johana E. Prawitasari, Kecerdasan Emosi, Jurnal Bulletin Spikologi, Vol 21 No 1 Tahun 1998, ISSN : 0854 -7108.

John Gottman, Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak, Gramedia: Jakarta, 2008.

John Gottman, Raising An Emotionally Intelligent Child The Heart Of Parenting, Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Terjemahan Hermaya, dkk, Gramedia Pustaka: Jakarta, 2006.

Makmur Mubayidh, Kecerdasan Kesehatan Emosional, Pustaka Al-Kautsar: Jakarta, 2013.

Mulyasa, Strategi Pembelajaran Paud, Bandung: Remaja Rosdakarya Offest, 2017.

Nurainiah, Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam, Vol. 01, No. 01, Januari 2013.

Olivia Cherly Wuwung, Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional, Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020.

Retno susilowati, Kecerdasan Emosional, vol. 6, no. 1, Januari 2018.

Retno susilowati, Kecerdasan Emosional, Vol. 6, No. 1, Januari 2018.

Susianty Selaras Ndari, Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini, Jawa Barat: Edu Publisher, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.