PENGARUH KOMPETENSI PERSONALITY GURU DALAM MENGEMBANGKAN AFEKSI SISWA (Studi Kasus RA Durung Kecamatan Masjid Raya Aceh Besar)

Nurlaili Nurlaili

Abstract


Pembelajaran afeksi pada pelajaran adaptif merupakan proses pengembangan seluruh domain afektif, meliputi sikap, etika, kepercayaan, perasaan, namun realitanya kadang tidak demikian. Tulisan ini mengkaji tentang pengaruh kompetensi personality guru dalam mengembangkan afeksi siswa di RA Durung Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Dalam kajian ini, penulis merumuskan rumusan masalah yaitu kompetensi personality guru, strategi guru dalam pengembangan afeksi siswa, dan pengaruh kompetensi personality guru dalam mengembangkan afeksi siswa di RA Durung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitataif dengan mengumpulkan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara umum bahwa pengaruh kompetensi personality guru dalam mengembangkan afeksi siswa di RA Durung Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar sudah baik. Guru menerapkan semua aspek kompetensi kepribadian melalui pembiasaan dan keteladanan untuk mengembangkan afeksi (sifat kasih sayang) terhadap anak di RA Durung Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Guru berhasil dalam mengembangkan sikap afeksi anak melalui implementasi kompetensi kepribadian guru dengan indikator di antaranya: guru memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan dengan menampilkan tindakan yang sesuai dengan norma religius dan memiliki prilaku yang bisa diteladani oleh siswa, memiliki kepribadian yang mantap dan stabil, serta memiliki kepribadian yang arif dan berwibawa.

Full Text:

PDF

References


Achmadi, Islam sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media dan IAIN Walisongo Press, 1992.

Baharuddin, Aktualisasi Psikologi Islami, Yogyakarta: Pustaka Pelajar., 2005.

Chaplin, J.P., Kamus Lengkap Psikologi, terj. Kartini Kartono, judul asli “Dictionary of Psichology”, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Departemen Pendidikan Nasional, Undang-undang Guru dan Guru, Bandung: Fokus Media, 2011.

Imam Bukhari, Shahih Bukhari, Juz. II, Kairo: Darul Mutabi’aby, t. t.

Jejen Musfah, Peningkatan Kompetensi Kepribadian Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik, (Jakarta: Kencana, 2011.

John M. Echols dan Hasan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: Gramedia, 2000.

Masnur Muslich, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Moh. Roqib dan Nurfuadi, Personality Guru: Upaya Mengembangkan Personality Guru yang Sehat di Masa Depan, Yogyakarta: Grafindo Litera Media, 2009.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002.

Purwanto, M.N., Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.

Rivai, V., Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Jakarta: Rajawali Pers, 2003.

Sudarman Danim, Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru (Tilikan Indonesia dan Mancanegara), Bandung: Alfabeta, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.