PERMAINAN TRADISIONAL MAKAH-MAKAH DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI

Gracia Mandira

Abstract


Tradisional makah-makah merupakan salah satu permainan tradisional yang berasal dari provinsi Aceh. Permainan ini berjenis kompetisi dan dilakukan secara kolektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kecerdasan interpersonal anak usia dini melalui permainan tradisional Makah-makah. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak usia dini yang berusia 5-6 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan tradisional makah-makah terlihat adanya peningkatan perkembangan kecerdasan interpersonal anak yang ditandai dengan perkembangan siklus I dan siklus II. Pada awalnya, target pencapaian indikator tiga pada siklus I belum tercapai dikarenakan kurangnya waktu pada kegiatan inti. Namun pada kegiatan siklus II  perkembangan kecerdasan interpersonal anak berkembang sesuai harapan. Permainan tradisional makah-makah baik untuk diterapkan pada pembelajaran anak usia dini karena tidak hanya mengembangkan kecerdasan interpersonal, penerapan permainan ini juga merupakan sarana dalam melestarikan permainan tradisional yang mulai hilang dimasyarakat.

Full Text:

PDF

References


Fitri, M., & Suyadi. (2019). Permainan Sidewalk Chalk Untuk Melatih Perkembangan Motor Kasar Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, VI, 48–49.

Husain, R. I., & Walangadi, H. (2021). Permainan Awuta , Ponti dan Kainje dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 5(2), 1352–1358. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.839

Hassan Suryono. (2014). Metode Analisis Statistik. Jakarta: Ombak.

Jusmarita. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMA Negeri 7 Banda Aceh melalui Permainan Tradisional Makah-makah. Jurnal Serambi PTK, V(2), 71–77.

Johni Dimyati. (2013). Metodologi penelitian dan aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana.

Khafidah, W, & Fitriah, F. (2020). Penerapan Media Gambar Dengan Teknik Kolase Untuk Meningkatkan Motorik Halus Di Ra Al-Muslimat Kota Banda Aceh. … : Jurnal Pendidikan Anak. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/seulanga/article/view/955

Khafidah, Wahyu. (2019). Pembangunan Karakter Mandiri Anak di PAUD Salsabila, Kota Banda Aceh. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 79–88. https://doi.org/10.51529/ijiece.v4i1.146

Muhammad Usman. (2015). Perkembangan Bahasa Dalam Bermain dan Permainan (1st ed.). Deepublish.

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 1(2), 86–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19

Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 4(2), 1011–1020. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502

Safrizal. (2020). BERMAIN MAKAH-MAKAH STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 LANGSA KOTA LANGSA. JMP Online, 4(12), 836–849.

Salsabilla, S., & Zafi, A. A. (2020). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 35–42.

Sari, C. R., Hartati, S., & Yetti, E. (2019). Peningkatan Perilaku Sosial Anak melalui Permainan Tradisional Sumatera Barat. Jurnal Obsesi, 3(2), 416–424. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.225

Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987


Refbacks

  • There are currently no refbacks.