Manajemen Pembelajaran Matematika (Studi Kasus Pada SMK Negeri 2 Sigli)

Almaida Almaida

Abstract


Manajemen pembelajaran merupakan faktor penting dalam upaya mewujudkan mutu lembaga pendidikan. Manajemen pembelajaran yang efektif akan mampu mempengaruhi antara guru sebagai fasilitator dengan peserta didik sebagai subjek dalam belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, dan pengevaluasian pembelajaran matematika pada SMK Negeri 2 Sigli Kabupaten Pidie. Metode penelitian ini bersifat deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan telaah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran pada SMK Negeri 2 Sigli telah disusun oleh guru matematika, meliputi menganalisis mata pelajaran, menyusun program tahunan dan semester, menyusun silabus dan RPP. Semua perencanaan pembelajaran matematika tersusun dengan baik dan terdokumentasi. Arah atau orientasi pelaksanaan pembelajaran matematika disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat pendidikan. Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan memperlihatkan hal positif sesuai dengan kurikulum KTSP, dan pengorganisasian pembelajaran matematika juga memperlihatkan hal positif yang berpedoman pada sistem manajemen. Guru matematika  melaksanakan peran dan tanggung jawabnya berdasarkan tupoksinya. Kondisi ini berpengaruh positif terhadap mutu pembelajaran matematika yang memperlihatkan peningkatan dari tahun ke tahun. Kegiatan dan aspek penilaian pembelajaran matematika disesuaikan dengan berpedoman pada RPP yang telah disusun. Bentuk evaluasi dilakukan baik secara lisan maupun tulisan, dan tahap evaluasi dilakukan untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2005. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta; Depdiknas.

Fattah, Nanang. 2006. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: Pustaka Bany Quraisy.

Fauzan, F. (2014). Kurikulum Pendidikan Islam dalam Perspektif Tokoh Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 2(1), 93-105.

Gunawan, Ari. 2006. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadis, Abdul dan Nurhayati. (2012). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Harjanto. 2007. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.

Harun, Cut Zahri. 2007. “Fungsi-fungsi Dasar Manajemen dan Hubungan Ilmu Manajemen dengan Ilmu-ilmu Lain”, Diktat Materi Kuliah-IV. Banda Aceh: Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Unsyiah.

Madung, O. G. (2014). Paradigma Holisme Hegelian dan Kritik Atas Liberalisme. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 2(2), 45-60.

Maimunah, M. (2014). Relevansi Metode dan Pendekatan Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 2(2), 287-300.

Meriza, I. (2014). Peran Kerabat dalam Pendidikan Akhlak Anak. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 2(1), 106-116.

Moleong, J. Lexy. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murniati A.R. 2008. Manajemen Stratejik Peran Kepala Sekolah dalam Pemberdayaan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Nuruzzahri, N. (2014). Pengajaran Ideal dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 2(1), 47-60.

Rahimi, R. (2014). Metode Tabsyir dalam Pendidikan Islam dan Urgensinya dalam Pendidikan Modern. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 2(1), 117-130.

Rusydie, Salman. 2011. Prinsip-prinsip Manajemen Kelas. Jogyakarta: Diva Press.

Sudjana, Djudju. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah, untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukaca. 2009. Kurikulum dan Mutu Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Syahminan, S. (2014). Modernisasi Sistem Pendidikan Islam di Indonesia pada Abad 21. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 2(2), 235-260.

Tabrani ZA. (2012a). Future Life of Islamic Education in Indonesia. International Journal of Democracy, 18(2), 271–284.

Tabrani ZA. (2013a). Kebijakan Pemerintah dalam Pengelolaan Satuan Pendidikan Keagamaan Islam (Tantangan Terhadap Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah). Serambi Tarbawi, 1(2), 65–84.

Tabrani ZA. (2013b). Modernisasi Pengembangan Pendidikan Islam (Suatu Telaah Epistemologi Pendidikan). Serambi Tarbawi, 1(1), 65-84.

Tabrani ZA. (2013b). Pengantar Metodologi Studi Islam. Banda Aceh: SCAD Independent.

Tabrani ZA. (2014a). Buku Ajar Filsafat Umum. Yogyakarta: Darussalam Publishing.

Tabrani ZA. (2014b). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Darussalam Publishing.

Tabrani ZA. (2014c). Islamic Studies dalam Pendekatan Multidisipliner (Suatu Kajian Gradual Menuju Paradigma Global). Jurnal Ilmiah Peuradeun, 2(2), 211–234.

Tabrani ZA. (2014d). Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan Islam Perspektif Pedagogik Kritis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 13(2), 250–270. https://doi.org/10.22373/jiif.v13i2.75

Tabrani ZA. (2014e). Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Qur`an dengan Pendekatan Tafsir Maudhu`i. Serambi Tarbawi, 2(1), 19–34.

Umaidi. 2006. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Umiarso dan Ghojali, Imam. 2010. Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. Jogyakarta: IRCiSoD.




DOI: https://doi.org/10.32672/tarbawi.v2i2.1230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Almaida Almaida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

            

 

 

Content Use Policy

Creative Commons License
Serambi Tarbawi is licensed under a CC-BY-SA.