Pelaksanaan Teknik Supervisi Individual sebagai Implementasi Kerja Kepala Sekolah Di SDN 001 Kencana Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2019
Sari
Penyelenggaraan pendidikan di sekolah sangat ditentukan oleh keberhasilan Kepala sekolah dalam memimpin sekolah tersebut. Hal yang dapat dilakukan untuk mengontrol berjalannya proses di sekolah adalah dengan supervisi individual terhadap guru. Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui tingkat pelaksanaan teknik supervisi individual oleh Kepala Sekolah, tingkat kemampuan guru dalam proses pembelajaran, dan mengetahui hubungan antara pelaksanaan teknik supervisi individual dengan kemampuan guru dalam proses pembelajaran di SDN 001 Kencana Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2019. Subyek dalam penelitian ini adalah guru-guru di SDN 001 Kencana Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2019. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu adanya Peningkatan kemampuan mengajar dalam KBM di sekolah masing-masing dari hasil penelitian menujukkan hasil yang cukup signifikan untuk kemajuan pendidikan di SDN 001 Kencana Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2019.
Kata Kunci : Supervisi, Guru, Kepala Sekolah.
Â
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ajasan, N. (2016). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI 1 MEULABOH. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah.
Habib Mat Som & Syed Kamaruzaman Syed Ali. (2011). Komitmen Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum dan Inovaski Berkesan. Masalah Pendidikan.
Hardono, Haryono, A. Y. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah , Supervisi Akademik , dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Unnes.
Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734
Mulyasa, E. (2013). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. PT Bumi Aksara.
Mustamin, N., & Yasin, M. A. M. Bin. (2012). The Competence of School Principals: What Kind of Need Competence for School Success? Journal of Education and Learning (EduLearn). https://doi.org/10.11591/edulearn.v6i1.188
Sahertian, P. A. (2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi akademik. Jakarta: Bineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1007/s11116-011-9347-8
Yunus, M. (2016). PROFESIONALISME GURU DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n1a10
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.