PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRIMAKHLUK HIDUP
Abstract
Abtraks: Penelitian tentang penerapan model pembelajaran Tipe Think Pair and Chare (TPS) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup di SMP Negeri 2 Sakti Kabupaten Pidie telah dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus sampai dengan 10 September 2012. Permasalah yang dikaji dalam penelitian adalah: Apakah Penerapan Pembelajaran koopratif tipe think pair and chare mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup di SMP Negeri 2 Sakti Kabupaten Pidie. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara terperinci ada tidaknya peningkatan prestasi belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidupmelalui penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipe think pair and chare di SMP Negeri 2 Sakti Kabupaten Pidie. Sampel penelitian siswa kelas VII A sebanyak 23 orang sebagai kelompok kontrol dan kelas VII B sebanyak 22 orang sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan memberi tes, yaitu pretes dan postes. Teknik pengolahan data dengan menggunakan statistik uji-t. Hasil analisis data diperoleh t hitung ≥ t tabel yaitu 2,01 ≥ 1,68 pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan data tersebut, maka Ha dapat diterima dan menolak Ho. Maka dapat disimpulkan: Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Chare dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi cari-ciri makhluk hidup di SMP Negeri 2 Sakti Kabupaten Pidie.
Kata Kunci : Pembelajaran, think pair and chare, ciri-ciri makhluk hidup
Kata Kunci : Pembelajaran, think pair and chare, ciri-ciri makhluk hidup
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. 1996. Prosudur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rhineka cipta : Jakarta
Isjoni. 2009. Coorparatif Learning, Pengembangan Kemampuan Belajar Berkelompok. Altabeta : Bandung
Gie, L. 1982. Cara Belajar yang Efisien. Gajah Mada Universiti Press : Yogyakarta
Gie, L. 2002. Cooperative Learning.
Grasindo : Jakarta
Mulyasa, E. 2008. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Konsep Karakteristik dan Implimentasi). Rosda Karya : Bandung
Sriyono. 1992. Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Rhineka Cipta : Jakarta
Syamsuri, Istamar. 1994. IPA- Biologi. CV. M2S : Bandung
DOI: https://doi.org/10.32672/si.v13i2.477
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Indexing By :
Supported