Pengembangan Prototipe Bicycle Static dalam Meningkatkan Kebugaran Jasmani Anak Berkebutuhan Khusus

Amirzan Amirzan, Indra Kasih, Deni Rahman Marpaung

Abstract


Penelitian ini adalah pengembangan menyempurnakan produk yang telah ada, dengan tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan produk prototype treadmill bicycle statis terhadap peningkatan kebugaran jasmani anak berkebutuhan khusus yang efesien. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SLB E Negeri Pembina Medan, Adapun yang menjadi sampelnya adalah 10 orang anak berkebutuhan khusus (Tuinagrahita), adapun waktu penelitian ini dilakukan pada rentang antara bulan Agustus – September 2019. Selama waktu yang ditentukan sesuai prosedur penggunaan alat. Ada beberapa percobaan alat dengan metode pretest dan posttest. Hasil perhitungan data pengembangan prototipe treadmill sepeda bekas dalam menciptakan kebugaran jasmani anak berkebutuhan khusus diperoleh thitung = 11,58. Dari daftar distribusi t dengan menggunakan 1=1/2 a=0,95 dengan dk n-1= 9 diperoleh harga t(0,95)= 1,83. Dalam kriteria pengujian hipotesis dinyatakan bahwa pada thitung ˃ttabel dimana 11,58˃1,83 dengan a=0,05 H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan pengembangan prototipe sepeda bekas dalam menciptakan kebugaran jasmani anak berkebutuhan khusus diperoleh.

Keywords


Pengembangan, Bicycle Static, Kebugaran Jasmani, Anak Berkebutuhan Khusus

Full Text:

PDF

References


Abdul & Munawir.(2009). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus secara Inklusif.

Surakarta: Yuma Pustaka

Amirzan., dan Yahya, M,.2019. Pengaruh Metode Latihan dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Lari 110 Gawang Putra. Jurnal Serambi Ilmu, 31(1), pp. 19–36.

Amirzan,. 2017,. Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor pada Siswa SD Kelas V. Journal Physical Education, Health and Recreation 2(1), pp.85-96.

Hosni,Irham. (2003). Jurnal Pendidikan Khusus. Fenomena Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Vol. 7, No. 2, November

Jailani, J., Abubakar, A dan Anwar, A. 2018. Implementasi Pendekatan Sciance Technology seciety (Sts) Pada Materi Pokok Lingkungan Hidup Sebagai Upaya Peningkatan Life Skill Siswa. Jurnal Serambi Ilmu, 19(2), pp 132-142.

Mahmud. (2005). Pendidikan jasmani memperlakukan anak sebagai sebuah kesatuan utuh dan makhluk total. Kajian Psikologis. Denpasar:Forum

Putra, Nusa. Research Development. Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada. 2011.

Ormrod. (2008). Electronic Journal For Inclusive Education. A Review of Inclusive Education in New Zealand. Vol. 2, No. 10

Octaviani, C,. Nurmaliah, C., dan Mahidin, M. 2017. Implementasi Model Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi di SMAN 4 Banda Aceh. Jurnal Serambi Ilmu, 5(1),pp12-19.

Sriwidati,Sherril.Murtadlo. (2007).Pendidikan Jasmani Adaptif .Yogyakarta:Wacana prima

Suparno.(2007). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Direktorat jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Wardani. (2013). Perkembangan dan Pendidikan.Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusi ditinjau dari Faktor Pembentuk Sikap. Jurnal Psikologi Volume 2, No. 01

Yukl, G. And C.M. Falbe (1991). Importance of Different Power Sources in Downward and Lateral Relations. Journal of Applied Psychology, Vol. 76, No.3, hlm.416-424.

Yin,Robert K.(2009). Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.32672/si.v21i2.2184

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

INDEXING ;

                   

SUPPORTED BY

   

Jurnal Serambi Ilmu
e-ISSN: 2549-2306
p-ISSN: 1693-4849
Website: https://ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/serambi-ilmu
Email: abubakar@serambimekkah.ac.id
Published by: FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh
Office: Jln. Unmuha, Banthoh, Banda Aceh Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub