Analisis Konten Nilai Cinta Tanah Air (Nasionalisme) dalam Materi Mata Pelajaran Kurikulum Geografi

M. Hafizul Furqan, Sri Yanti, Daska Azis, Muhjam Kamza, Ruslan Ruslan

Abstract


Salah satu tujuan dari pendidikan nasional yaitu menjadikan peserta didik sebagai warga negara yang bertanggung jawab . Setiap mata pelajaran memiliki peranan yang unik dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air. Geografi memiliki kontribusi dalam menumbuhkan cinta tanah air pada peserta didik dikarenakan hakikat dari ilmu geografi mempelajari bumi sebagai tempat tinggal manusia dengan objek kajian berupa tanah (litosfer), udara (atmosfer), biosfer (makhluk hidup) antroposfer (penduduk) dan hidrosfer (air). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari Pendidikan Geografi dalam meningkatkan rasa cinta tanah air/ Nasionalisme baik secara secara langsung (Instructional Effect) dan juga dalam secara tidak langsung (Nurturant Effect). Penelitian ini menggunakan metode penelitan deskriptif  dengan teknik pengumpulan data studi literatur. Hasil penelitian menunjukan mata pelajaran Geografi berkontribusi dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air/ Nasionalisme baik secara langsung (Instructional Effect) dan secara tidak langsung (Nurturant Effect). Nasionalisme berkaitan dengan tujuan mata pelajaran geografi yaitu memperkenalkan wilayah Indonesia beserta potensi yang terkandung di dalamnya sehingga menumbuhkan prilaku peserta didik agar cinta tanah air, bangga sebagai bangsa Indonesia, dan bertanggung jawab terhadap keutuhan NKRI

Keywords


Insructional Effect, Nurturant Effect, Geografi, Nasionalisme, Cinta Tanah Air

Full Text:

PDF

References


Ahadi. M., 2017. Peran Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaaraan Dalam Menumbuhkan Sikap Bela Negara. Prosiding Semnas Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Thn 2017 Col 1 No 1 2017.

Akhyar., 2015. Strategi Pengembangan Kompetensi Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Penanaman Nilai Karakter Bangsa di Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Serambi Ilmu. Vol 22, No 1.

Amin. 2015. Ekoliteracy Merupakan Instructional Effect Sekaligus Nurturant Effect Bagi Pendidikan Geografi. Prosiding Seminar Nasional Hari Bumi Pendidikan Geografi SPs UPI.

Daldjoneni. 2014., Pengantar Geografi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Furqan, M.H., Maryani, E. and Ruhimat, M., 2017. Innovation Learning: Audio Visual and Outdoor Study to Enhance Student’s Understanding of Disaster. Innovation of Vocational Technology Education, 13(2).

Hamid. Edy S., 2012. Peran Pendidikan Untuk Mengukuhkan Nasionalisme dan Membangun Karakter Bangsa. Jurnal UNISIA, Vol XXXIV, No 76.

Hasnidar, Sitti., 2019. Pendidikan Estetika dan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah. Jurnal Serambi Ilmu. Vol 20, No 1.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan., 2016. Silabus Mata Pelajaran Geografi Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Jakarta : Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan., 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. [Online]. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional pada 29 Februari 2020.

Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembagan Pusat Kurikulum., 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karaktert Bangsa. Jakarta.

Nurlaili. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI.1 Is Di Sma Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Serambi Ilmu. Vol 27, No 2.

Permendiknas No 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Purwanto, N., 2007. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Rupadha, I Komang., 2016. Memahami Metode Analisis Pasangan Bibliografi dan Ko-Sitasi Serta Manfaatnya Untuk Penelitian Kepustakaan. Jurnal Lantera Pustaka. Vol 2, No 1, ISSN: 2302-4666.

Sardiman A.M., 2012. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugandi., 2015. Pembelajaran Geografi Sebagai Salah Satu Dasar Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal Sosio Humanika. Vol 8, No 2, ISSN 1979-0112.

Sutarto HP, dkk., 2017. Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik Untuk Pengembangan Sikap Spritual dan Sosial Siswal. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Februari Thn XXXVI. No 1.

Yani, A., 2015. Menakar Kurikulum Geografi 2013 dalam Pengembangan Nilai Patriotisme. Jurnal Mimbar, Vol 31, No 2, ISSN 0215-8175.

Wening, S., 2012. Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol 1 No 2, ISSN 2527-7014




DOI: https://doi.org/10.32672/si.v21i1.1882

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Indexing By :

 

 

   

     

     

   

 

Supported