Penerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas IX MTs Negeri Kuta Baro Tahun Pelajaran 2017/2018

Cut Kamaliah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan siswa Kelas IX MTs Negeri Kuta Baro ditinjau dari hasil belajar siswa, kemampuan guru mengelola kelas, aktifitas siswa, dan respon siswa. Metode Penelitian yang digunakan adalah Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Negeri Kuta Baro Aceh Besar tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukan persentase ketuntasan siswa meningkat setiap siklus,  pada pra siklus adalah 62,7%, untuk siklus I  adalah 81,2% dan siklus II adalah 93,5%. Observasi aktivitas guru mengelola pembelajaran juga meningkat setiap siklus, pada siklus I adalah baik sedangkan pada siklus II sangat baik. Observasi terhadap aktivitas siswa mengikuti kegiatan pembelajaran pada siklus I tidak aktif, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa sudah aktif.

Keywords


Problem Based Learning, Hasil Belajar, PPKn

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 81 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Djamarah, Saiful Bahri. dan Aswan Zain.(2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Jacobsen, David A., Eggen, Paul, and Kauchak, Donald. (2009). Methods for Teaching, Metode-metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TKSMA (Edisi ke-8). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marsigit. (2009). Mathematics for Junior High School Year VII. Yogyakarta: Yudhistira.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajara. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Depdiknas. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 81 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Djamarah, Saiful Bahri. dan Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Jacobsen, David A., Eggen, Paul, and Kauchak, Donald. (2009). Methods for Teaching, Metode-metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TKSMA (Edisi ke-8). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marsigit. (2009). Mathematics for Junior High School Year VII. Yogyakarta: Yudhistira.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajara. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Cut Kamaliah

JURNAL SERAMBI EDUKASI