Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Transformasi Geometri di Kelas XIIA 1 Semester Genap SMA Negeri 1 Nurussalam Tahun Pelajaran 2014/2015

Asnidar Asnidar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa kelas XIIA.1 semester genap SMA Negeri 1 Nurussalam tahun pelajaran 2014/2015 dalam pembelajaran kooperatif model STAD  pada materi Transformasi Geometri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII.A 1 yang berjumlah 20 orang siswa. Pengambilan data dilakukan dengan cara menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil tes pra tindakan dan penilaian yang dilakukan di kelas XII A.1 SMA Negeri 1 Nurussalam selama ini hanya berdasarkan hasil tes saja. Tes tersebut mencakup beberapa aspek soal, seperti pemahaman konsep, penalaran, komunikasi, dan pemecahan masalah. Meskipun ada beberapa aspek soal yang dinilai, namun teknik penilaian tersebut tidak memperhatikan aktivitas siswa (proses) dalam menyelesaikan suatu tugas. Dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XII A 1 di SMA N 1 Nurussalam terhadap materi Transformasi Geometri dengan Presentasi kelulusan pada siklus 1 adalah 50 % dan pada siklus 2 adalah 80 %, dan (2) Aktifitas guru dan siswa sudah mencerminkan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD hal ini terlihat dari hasil kerja siswa yang terus meningkat dari siklus I ke siklus II.

Keywords


Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Geometri Transformasi

Full Text:

PDF

References


Muslich, Masnur. (2007). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Tiro, Muhammad A. (1999). Meningkatkan kemampuan logika siswa melalui penyelesaian soal-soal kalimat verbal. Jakarta: Jurnal Ilmu pendidikan Depdiknas.

Widyawati, L. (2005). Pembelajaran Matematika Berorientasi Social Skill Didasarkan pada Tahapan J.Bruner FKIP Universitas Jember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Asnidar Asnidar

JURNAL SERAMBI EDUKASI