Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Himpunan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Kelas VII MTs Swasta Swasta Darul Aman Aceh Besar Tahun Pelajaran 2019/2020

Asniah Asniah

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe learning together (LT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi matriks peserta didik kelas VII  MTs Swasta Swasta Darul Aman Aceh Besar Aceh Besar tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian terdiri dari 11 peserta didik kelas VII  MTs Swasta Darul Aman Aceh Besar. Penelititan ini dilaksanakan sebanyak dua siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan selama empat kali pertemuan. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas VII  MTs Swasta Darul Aman Aceh Besar pada siklus I sebesar 76,45 dan pada siklus II sebesar 87,73. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 72,73% siswa yang tuntas dan pada siklus II sebesar 90,91% siswa yang tuntas. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe learning together dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi himpunan peserta didik kelas VII MTs Swasta Darul Aman Aceh Besar tahun pelajaran 2019/2020.

Keywords


Hasil Belajar, Himpunan, Model Learning Together

Full Text:

PDF

References


Hasbullah. 2005. Dasar- dasar Ilmu Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning. London: Allymand Bacon.

Wardani, dkk. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Asniah Asniah

JURNAL SERAMBI EDUKASI