Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Budaya Lokal Pada Materi Program Linear Siswa SMA Negeri 9 Banda Aceh

Nur Ainun, Ade Rianalita, Rifaatul Mahmuzah, Indah Suryawati

Abstract


Program Linear perlu dipelajari di sekolah karena berhubungan dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam Program Linear banyak terdapat persoalan yang berbentuk soal cerita yang terlalu panjang sehingga membuat siswa kesulitan dalam merumuskan model matematikanya. Program Linear akan lebih mudah di pahami siswa dengan adanya integrasi budaya lokal, dimana budaya lokal bisa mempermudah siswa dalam menyelesaikan masalah linear karena kedekatan siswa dengan kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Budaya Lokal pada Materi Program Linear di SMA Negeri 9 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 9 Banda Aceh, sedangkan sampel nya  adalah kelas XI IPA 3 yang berjumlah 21 orang siswa dengan cara pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan cara menggunakan tes dengan soal yang berbentuk essay sebanyak 5 butir soal. Pengolahan data menggunakan rumus uji-t pihak kanan. Hasil penelitian diperoleh Pembelajaran Creative Problem Solving pada program linear siswa SMA Negeri 9 Banda Aceh telah mencapai ketuntasan.

Keywords


Pembelajaran Creative Problem Solving, Budaya Lokal dan Materi Program Linear

Full Text:

PDF

References


Karen & Key Wilhelm. (2016). Emotional and Physical Health Benefits of Expressive Writing, (googleweblight.com diakses pada 8 Mei 2016).

Penman, Stephen H. (2010). Financial Statement Analysis and Security Valuation. Singapore: Mc Graw Hill.

Prabowo, Hermawan., Soelistiono Soegianto. (2010). Pelacakan Objek Menggunakan OpenCV, Surabaya: Jurnal Ilmiah Universitas Airlangga Surabaya.

Sudjana. (2011). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sutarto. (2012). Dasar-Dasar Organisasi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nur Ainun, Ade Rianalita, Rifaatul Mahmuzah, Indah Suryawati

JURNAL SERAMBI EDUKASI