Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Materi Keadaan Alam Dan Aktivitas Penduduk Indonesia Pelajaran IPS pada Kelas VII-5 MTs Negeri Kuta Baro Aceh Besar

Yunalis Yunalis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe picture and picture materi keadaan alam dan aktivitas penduduk Indonesia pelajaran IPS pada kelas VII-5 MTs Negeri Kuta Baro. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 sampai siklus III yaitu, siklus I (37,04 ), siklus II (51,85 ), siklus III (100 ). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTs Kuta Baro Aceh Besar.

Keywords


Prestasi Belajar, Picture and Picture

Full Text:

PDF

References


Ibrahim, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Sanjaya. (20150. Kurikulum dan Pembelajaran (Teori dan Praktik Perkembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Prenadamedia Group.

Soejanto, Agoes. (2001). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja, Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yunalis Yunalis

JURNAL SERAMBI EDUKASI