Melalui Penerapan Model Talking Stick Dapat Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VII-5 Materi Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Musik Mata Pelajaran Seni Budaya pada MTs Negeri Kuta Baro Aceh Besar Tahun Pelajaran 2015/ 2016

Surianita Surianita

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Talking Stick terhadap kemampuan siswa kelas VII-5 materi mengekspresikan diri melalui karya seni musik mata pelajaran Seni Budaya pada MTs Negeri Kuta Baro Aceh Besar tahun pelajaran 2015-2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-5 MTs Negeri Kuta Baro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I 70%, siklus II 80% dan siklus III 90%. Menurunkan aktivitas siswa yang tidak relavan terhadap mata pelajaran seni budaya (seperti ribut, tidak mengerjakan tugas) yaitu pada awal siklus (siklus I) 45%, kemudian pada siklus II menurun menjadi 24% dan pada akhir siklus (siklus III) menurun menjadi 12%. Dengan demikian maka tindakan guru dalam menerapkan model pembelajaran Talking Stick pada pembelajaran seni budaya telah berhasil mencapai tujuan yang diinginkan.

Keywords


Model Talking Stick, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. (2007). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Remaja Bandung: Rosda Karya.

Maufur, Hasan Fauzu. (2009). Sejuta Jurus Mengajar Mengasyikkan. Semarang: Sindur Press.

Sastrawijaya, Tresna. (2010). Pencemaran Lingkungan. Jakarta : Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Surianita Surianita

JURNAL SERAMBI EDUKASI