Pembelajaran Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Gerak Lurus Siswa Kelas VIII-5 DI MTsN 7 Aceh Besar Semester 1 Tahun Ajaran 2017/ 2018

Salbiah Salbiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dalam mengajar dan aktivitas belajar yang dilakukan oleh siswa dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan penggunaan model pembelajaran Jigsaw pada materi gerak lurus siswa kelas VIII-5 di MTsN 7 Aceh Besar. Subjek dalam penelitian ini siswa-siswi kelas VIII-5 di MTsN 7 Aceh Besar yang berjumlah 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 3,73 (74,52%), siklus II sebesar 4,33 (86,66%), dan siklus III 4,67 (93,53%). Aktivitas siswa pun mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 3,4 (68%) siklus II sebesar 4,0 (80%) dan siklus III sebesar 4,5 (90%). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara klasikal dan individual. Pada siklus I siswa yang tuntas sebesar 66,67%, siklus II sebesar 79,17% dan siklus III sebesar 95,83%.

Keywords


Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw, hasil belaja

Full Text:

PDF

References


Amri dan Ahmadi. (2010). Kontruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Pretasi Pustaka.

Danim. Sudarwan. (2007). Visi Baru Manajemen Sekolah dari Unit Birokrasi Ke Lembaga Akademik. Jakarta. Penerbit Bumi Aksara.

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lie. (2010). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Trianto. (2010). Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publiser.

Wardani, dkk. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Salbiah Salbiah

JURNAL SERAMBI EDUKASI