Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII-5 Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Aceh Besar Tahun Pelajaran 2019/2020

Suriyati Suriyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui tahap-tahap yang digunakan pada layanan bimbingan kelompok dalam meningkatan motivasi belajar peserta didik kelas VII-5 MTs Negeri 7 Aceh Besar Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini yaitu 21 peserta didik kelas VII-5 MTs Negeri 7 Aceh Besar yang terdiri atas 9 peserta didik bermotivasi belajar rendah, 2 peserta didik bermotivasi  belajar sedang, dan 10 peserta didik bermotivasi belajar tinggi, agar terjadi dinamika kelompok. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok motivasi belajar peserta didik sebesar 47,62% kategori tinggi, 9,52% kategori sedang, dan 42,86% kategori rendah. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siklus I motivasi belajar peserta didik sebesar 65% kategori sedang dan pada siklus II motivasi belajar peserta didik sebesar 74%. Sehingga terjadi peningkatan motivasi belajar yang signifikan setelah diadakan layanan bimbingan kelompok.

Keywords


Layanan Bimbingan Konseling, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Prayitno. (2012). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (L6) (L7). Padang: Universitas Negeri Padang.

Romlah, Tatiek. (2011). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang : Universitas Negeri Malang.

Sadirman. (2010). A.M. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Winkel, W.S dan MM. Sri Hastuti. (2010). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta : Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Suriyati Suriyati

JURNAL SERAMBI EDUKASI