Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII MTs Swasta Darul Aman Tahun Pelajaran 2018 /2019

Asniah Asniah

Abstract


Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs Swasta Darul Aman Tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian terdiri dari 17 peserta didik kelas VIII MTs Swasta Darul Aman Aceh Besar. Penelititan ini dilaksanakan sebanyak dua siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Aktivitas peserta didik meningkat di setiap siklus dengan terpenuhinya waktu ideal oleh kategori aktivitas peserta didik walaupun pada siklus II masih ada dua kategori yang belum memenuhi waktu ideal. Namun demikian, menurut observer interaksi aktif peserta didik pada siklus II sudah meningkat dibanding pada siklus I. Aktivitas guru mengalami peningkatan dengan rincian: pada siklus I mempunyai rata-rata pertemuan ke-1 dan pertemuan ke-2 yaitu 3,44 dengan criteria cukup baik, dan siklus II dengan rata-rata pertemuan ke-1 dan pertemuan ke-2 yaitu 4,63 dengan criteria sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi persamaan linear dua variabel peserta didik kelas VIII MTs Swasta Darul Aman Tahun pelajaran 2018/2019.

Keywords


Hasil Belajar; Model Pembelajaran STAD; Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 tahun 2003.tentang sistem Pendidikan Nasional.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Syarif, Imam. (2008). Analisis Konversi Lahan Sawah di Propinsi Jawa Timur. J-Sep, Volume 2 No 3 September 2008.

Suwangsih, Erna, dkk.( 2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PI PRESS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Asniah Asniah

JURNAL SERAMBI EDUKASI