Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh Pada Materi Koordinat Cartesius

Nur Ainun, Iis Tawari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis pada materi Koordinat Cartesius kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian di ambil dengan tehnik purposive sampling adalah siswa Kelas VIII Matematika SMP Negeri 13 Banda Aceh pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 sejumlah 30 siswa. Sampel dalam penelitian ini yang diambil terdiri dari tiga bagian yaitu kemampuan komunikasi matematis tinggih 1 orang, kemampuan komunikasi matematis sedang 1 orang, dan kemampuan komunikasi matematis Rendah 1 orang. Pengambil sampel tersebut dilihat dari hasil jawaban siswa yang telah dikoreksi dan diberi skor. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes berupa soal kemampuan komunikasi matematis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa cara/teknik yaitu Tes Dan Wawancara. Hasil penelitian pada ketiga subjek kelompok tinggi, sedang, dan rendah terdapat adanya perbedaan kemampuan komunikasi siswa pada wawancara mengenai jawaban siswa tersebut. Perbedaan kemampuan komunikasi tersebut yaitu kemampuan komunikasi tinggih, sedang, dan rendah.

Keywords


Kemampuan komunikasi matematis; Materi Koordinat Cartesius

Full Text:

PDF

References


NCTM. (1989). Corriculum And Evaluation Standars For Scool Matematics. Virginia: The National Council Of Teachers Of Mathematics, Inc.

Humonggio, I. (2013). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa pada Materi Kubus dan Balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Tibawa. Jurnal Matematika Universitas Negeri Gorontalo.

Satriawati, Gusni. (2006). Pembelajaran dengan Open Ended untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematika siswa SMP. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nur Ainun, Iis Tawari

JURNAL SERAMBI EDUKASI