PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DI KELAS VIII-D MTs SWASTA DARUL IHSAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ataillah Ataillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar siswa materi sistem pencernaan pada manusia di kelas VIII-D MTs Swasta Darul Ihsan Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata siklus I sebesar 76,15 dan siklus II sebesar 88,08 dengan peningkatan ketuntasan siklus I sebesar 76,92% menjadi 92,31, %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan pada manusia di VIII-D MTs Swasta Darul Ihsan.

Keywords


Quantum Teaching; Hasil Belajar; Sistem Pencernaan pada Manusia

Full Text:

PDF

References


Basri, Hasan. (2013). Landasan Pendidikan. Jawa Barat: CV. Pustaka Setia.

Susilowati, Endang dan Tarti Harjani, 2013: 4-6).

DePorter, Bobbi dkk. (2010). Quantum Teaching (terj. Nilandari Ary). Bandung: Kaifa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ataillah Ataillah

JURNAL SERAMBI EDUKASI