Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Statistika Melalui Penerapan Metode Problem Solving Pada Siswa Kelas XII-IPA1 SMA Negeri 12 Banda Aceh

Tasniah Tasniah

Abstract


Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi statistika melalui penerapan metode problem solving pada siswa kelas XII-IPA1 SMA Negeri 12 Banda Aceh.  Melalui penerapan metode problem solving dalam mata pelajaran matematika materi statistika bagi siswa kelas XII-IPA1  pada SMA Negeri 12 Banda Aceh diperoleh hasil tes pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 65,4% nilai rata-rata kelas sebesar 69,6 dan meningkat pada hasil tes siklus II sebesar 96,2% dengan nilai rata-rata kelas 82,3. Pada kedua siklus ini terjadi perubahan aktifitas dan perolehan nilai yang signifikan bila dibandingkan dengan pra siklus dengan ketuntasan belajar yang hanya mencapai  38,5% dan nilai rata-rata adalah 60.

Keywords


Metode Problem Solving; Hasil Belajar; Statistika

Full Text:

PDF

References


Hanafy, M. S. (2018). KONSEP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Irawan, A., & Febriyanti, C. (2018). Efektifitas Mathmagic dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.755

Lestari, I. (2014). PENGARUH WAKTU BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA INDAH. Jurnal Formatif. https://doi.org/10.30998/FORMATIF.V3I2.118

Proctor, T. (2018). Decision making and problem solving. In Creative Problem Solving for Managers. https://doi.org/10.4324/9780429458255-14

Sjukur, S. B. (2018). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043

Supardi. (2015). Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Interaksi Tes Formatif Uraian Dan Kecerdasan Emosional. Jurnal Formatif.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tasniah Tasniah

JURNAL SERAMBI EDUKASI