Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Penerapan Ragam Hias Pada Benda Keras Melalui Model Inquiry Learning Pada Siswa Kelas VIII-B MTsS Keutapang Dua Aceh Besar

Nofrida Purba

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Inquiry Learning dalam meningkatkan hasil belajar seni budaya pada materi penerapan ragam hias pada benda keras siswa kelas VIII-B MTsS Keutapang Dua Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata siklus I sebesar 72,05 dan siklus II sebesar 81,1 dengan peningkatan ketuntasan siklus I sebesar 45% menjadi 90, %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model inquiry learning dapat meningkatkan hasil belajar seni budaya pada materi penerapan ragam hias pada benda keras siswa kelas VIII-B MTsS Keutapang Dua Aceh Besar.

Keywords


Hasil Belajar; Penerapan Ragam Hias; Benda Keras; Model Inquiry Learning

Full Text:

PDF

References


Darsono, M. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Permendikbud Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah SMP/MTs.

Rachmawati, Dyah Nurani. 2009. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Melalui Metode Inquiry”. Dalam Laporan Hasil Penelitian. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rifa’i, Ahmad dan Catharina Tri Anni, dkk. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nofrida Purba

JURNAL SERAMBI EDUKASI