Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Konsep Hak Asasi Manusia

Iskandar Iskandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan konsep Hak Asasi Manusia pada siswa kelas X-MIA SMA Negeri 1 Glumpang Baro. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata siklus I sebesar 72 dan siklus II 83,1 dengan peningkatan ketuntasan siklus I sebesar 70,4% menjadi 92,6%. pada kedua siklus terjadi perubahan ketuntasan belajar yang hanya mencapai 40,7% dan nilai rata-rata adalah 61,7. Sehingga dapat disimpulkan penerapan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-MIA konsep Hak Asasi Manusia pada SMA Negeri 1 Glumpang Baro.

Full Text:

PDF

References


A.M, Sardiman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Muladi. 2002. Lembaga Pidana Bersyarat. Bandung: Alumni.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sutrisno. 2006 .Fisika dan Pembelajarannya. Bandung: UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Iskandar Iskandar

JURNAL SERAMBI EDUKASI