MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PESANTREN MODERN DARUL ‘ULUM KOTA BANDA ACEH

fahmi arfan

Abstract


Manajemen pembelajaran pada lembaga pesantren atau madrasah merupakan suatu keharusan dalam upaya peningkatan hasil belajar dan pengelolaan pesantren atau madrasah itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian pembelajaran pada Madrasah/Pesantren Darul ‘Ulum Kota Banda Aceh. Metode Penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subyek penelitian adalah Kepala Madrasah dan Guru-guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran disusun oleh kepala sekolah bersama guru-guru, meliputi penentuan Alokasi Waktu dan Minggu efektif, Menyusun Program Tahunan (Prota), Menyusun Program Semesteran (Promes), menyusun Silabus Pembelajaran, menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pelaksanaan Pembelajaran sudah berjalan sesuai dengan fungsi manajemen, yaitu pembagian kerja sesuai dengan kapasitas masing-masing. Evaluasi dan aspek penilaian pada Madrasah/ Pesantren Darul ‘Ulum Kota Banda Aceh menunjukkan bahwa proses penilaian disesuaikan dan berpedoman pada RPP yang telah disusun.


Full Text:

PDF

References


Rianto, Yatim. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Usman, Nasir (2012). Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru: Konsep, Teori, dan Model. Bandung: Citapustaka Media Perintis

Trianto (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Danim, Sudarwan dan Danim, Yunan. (2010). Administrasi Sekolah & Manajemen Kelas. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Daruisama (2014). (www.idsejarah.net/2014/10/manajemen-pembelajar.

Saroni, Muhammad (2006). Manajemen Sekolah Kiat Menjadi Pendidik yang Kompeten. Jogjakarta: Ar-Ruzz.

Uno, Hamzah B (2012), Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Istarani dan Pulungan, Intan (2015). Ensklopedi Pendidikan. Medan: CV. Iskom Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Serambi Edukasi

JURNAL SERAMBI EDUKASI