Pembelajaran Inkuiri Berbasis Praktikum Pada Konsep Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Tanggapan Siswa di SMA Negeri 11 Kota Banda Aceh

Kamalliansyah Walil, Jalaluddin Jalaluddin, Chairul Fuadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, dan tanggapan siswa dalam proses belajar mengajar konsep keanekaragaman hayati melalui pembelajaran inkiuiri berbasis praktikum di SMA Negeri 11 Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode experimental research dengan sampel 25 siswa yang dijadikan kelas eksperimen (pembelajaran Inkuiri berbasis praktikum) dan 25 siswa sebagai kelas kontrol (Pembelajaran konvensional). Penelitian ini digunakan beberapa instrumen yaitu: tes hasil belajar kognitif, dan angket tanggapan siswa. Analisis data untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan uji t pada taraf  signifikansi 0,05. Rata-rata nilai pretest mencapai 45.67 dan untuk posttest kelaskontrol mencapai 57.81, Selisih rata-rata antara kelas tersebut dapat dilihat bahwa kelas eksperimen jauh lebih tinggi kelas kontrol dapat dilihat dari nilai pretest mencapai 57.96 dan untuk posttestkelas eksperimen mencapai 77.37. Hasil uji t diperoleh peningkatan hasil belajar siswa thitung 4,6 dan ttabel 2,01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan pembelajaran inkuiri berbasis praktikumpada konsep keanekaragaman hayati dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 52,3.Tanggapan siswa, secara umum pembelajaran berbasis praktikum sangat diminati oleh siswa karena dapat mengamati objek biologi  yangdipelajari secara langsung dan meningkatkan motivasi belajar siswa.Semua siswa antusias mengikuti praktikum sampai selesai.

Keywords


Inkuiri Berbasis Praktikum, Hasil Belajar, Tanggapan Siswa, Keanekaragaman Hayati

Full Text:

PDF

References


Bundu, Patta. (2016). Penilaian Kterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains di SD. Jakarta : Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono.(2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rustaman, N. (2005). Peranan Praktikum dalam Pembelajaran Biologi. Makalah Pelatihan Teknisi dan Laboran FPMIPA IKIP Bandung.

Sagala, S. (2008). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Memecahkan Problematika Belajar & Mengajar. Bandung: Alfa Beta.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Kamalliansyah Walil, Jalaluddin Jalaluddin, Chairul Fuadi

JURNAL SERAMBI EDUKASI