Hasil Belajar Persamaan Linear Satu Variabel dengan Quantum Teaching

Yuhasriati Yuhasriati, Yulianti Yulianti

Abstract


Persamaan Linear Satu Variabel merupakan salah satu meteri ajar untuk kelas VII sekolah menengah pertama. Berdasarkan dengan Kurikulum 2013, salah satu peranan guru dalam pembelajaran adalah fasilitator, artinya guru dapat menyediakan fasilitas yang memungkinkan siswa dapat belajar dengan mudah. Untuk itu diperlukan model pembelajaran, yaitu Quantum Teaching. Pembelajaran model ini memiliki beberapa tahapan belajar yang dikenal dengan TANDUR yaitu Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan. Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan model Quantum Teaching pada materi Persamaan Linear Satu Variabel maka dilakukan penelitian dengan rumusan masalah adalah apakah pembelajaran persamaan linear satu variabel dengan model quantum teaching di Kelas VII MTsN Tungkob Aceh Besar mencapai ketuntasan belajar siswa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pre-eksperimental design dengan pendekatan kuantitatif jenis one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Tungkob Aceh Besar, sampel diambil satu kelas secara random yaitu kelas VII-1 sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah , pembelajaran materi Persamaan Liniar satu Variabel dengan model quantum teaching di kelas VII MTsN Tungkob Aceh Besar dapat mencapai ketuntasan belajar siswa. Hasil uji normalitas distribusi data menunjukkan data berdistribusi normal sehingga syarat dari uji-t terpenuhi dan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan adalah pembelajaran materi Persamaan Linear satu Variabel dengan model quantum teaching di kelas VII MTsN Tungkob Aceh Besar mencapai ketuntasan belajar. Selain aspek kognitif, siswa juga menunjukkan semangat belajar, tanggung jawab dan berkomitmen dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Quantum Teaching, Persamaan Linear Satu Variabel


References


Adinawan, Cholik dan Sugijono. 2013. Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Anonymous 2014, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014,.tentang Kurikulim 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah.

DePorter, Bobbi, 2009. Quantum Learner. Terjemahan Lovely. Bandung: Kaifa

DePorter, Bobbi dan Mike Hernachi, 2010. Quantum Learning. Terjemahan Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa

DePorter, Bobbi; Mike Hernachi; dan Sarah Singer-Nouri 2011. Quantum Teaching (Mempraktekkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas). Terjemahan Ary Nilandri. Bandung: Kaifa

Jacobsen, David A, Paul Eggen, Donald Kauchak (2009). Methods for Teaching (Metode-metode Pengajaran, Meningkatkan Belajar Siswa TK – SMA). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan, Cet. VII, Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v7i2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :