Kode Etik Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan
Abstract
Tujuan dalam kajian ini untuk mengetahui kode etik dan profesionalisme guru dalam meningkatkan mutu pendidikan, dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan library research. Hasil kajian yang didapatkan adalah, Pertama hakikat guru adalah orang yang berperan dalam usaha membentuk manusia yang berpotensi dengan mengembangkam segala bakat yang ada pada murid. Guru juga harus mampu berperan aktif dalam mendidik murid dan bisa menempatkan kedudukannya sebagai tenaga pengajar. Kedua, kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pendidikan terbagi kepada empat bagian, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi personal, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Ketiga, kode etik guru ialah memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia. Guru yang mempunyai kualifikasi akademik, kompetensi dan latar belakang Pendidikan yang baik, memiliki tanggung jawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan dan jaminan perlindungan hukum. Bahkan, profesi yang disandang mempunyai kewenangan untuk mengatur yang berkaitan dengan tugas keprofesionalan guru. Tantangan yang dihadapi oleh guru saat ini adalah perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, desentralisasi serta sentralisasi pendidikan.
Kata kunci: Guru, Kode Etik, Mutu Pendidikan
Full Text:
PDFReferences
Abdul Mujib, A. M. and Jusuf Mudzakkir, J. M. (2007) Ilmu pendidikan islam. Kencana Prenada Media Group.
Aina, M. (2013) ‘Efektivitas Pemanfaatan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA-Biologi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pria dan Wanita SMP 9 Kota Jambi [Effectiveness of the Utilization of Interactive Multimedia Learning Science-Biology in Improving Student Mot’, Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, pp. 125–130. Available at: http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/viewFile/3155/2195.
Barnawi & Arifin, M. (2012) Etika dan profesi kependidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Daradjat, Z. (1996) Metodologi pengajaran agama Islam. Bumi Aksara: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam ….
Fattah, A. (2018) ‘Peningkatan Pedagogis Guru Berbasis Keterampilan Dasar Mengajar di MI Nurul Karim NW Kebon Ayu Gerung Lombok Barat’, Tronasformasi, 14(1), pp. 13–26.
Hamalik, O. (2002) Pendidikan guru berdasarkan pendekatan kompetensi. Bumi Aksara.
Hia, Y. D., Sumarni and Armiati (2016) ‘Pelatihan Metode Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Pofesionalisme Guru SMA’, Jurnal Pelangi, 8(2), pp. 243–249.
Hidayat, A. G. and Haryati, T. (2019) ‘Peran Guru Profesional dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Maja Labo Dahu) Sekolah Dasar Negeri Sila Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima’, Jurnal Pendidikan Ips, 9(1), pp. 15–28. doi: 10.37630/jpi.v9i1.169.
Iskandar, M. (2009) ‘Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru’. Ciputat: Gaung Persada Press.
Islammilyardi, A. P. and Sopiansah, V. A. (2019) ‘Implementasi etika Profesi Guru Dengan Konsep Pendidikan KH. Hasyim Asy`ari’, Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, III(1).
Marwan et al. (2020) Manajemen Kinerja Dan Budaya Organisasi: Suatu Tinjauan Teoritis. 1st edn, Journal of Chemical Information and Modeling. 1st edn. Edited by A. Riki. Medan: Yayasan Kita Menulis. Available at: kitamenulis.id.
Mulyasa, E. (2005) ‘Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan’, Bandung: Remaja Rosdakarya, pp. 24–29.
Nasution, H. F. (2017) ‘Urgensi Profesionalisme Guru di Pendidikan Sekolah Dasar’, AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), p. 1. doi: 10.29240/jpd.v1i1.218.
Nata, H. A. (2012) Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Kencana.
Nurhayati, E. (2016) Psikologi pendidikan inovatif. Pustaka Pelaiar.
Nurkholisah (2017) ‘Implementasi Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Paska Sertifikasi Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Binjai’, Analytica Islamica, 6(2).
Ramayulis (2002) Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.
Rapono, M. (2018) ‘Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di MTS Swasta Nurul Huda Medan’, Al-Burhaniy, 3(1), pp. 1–34.
Rohman, A. and Lamsuri, M. (2009) Memahami pendidikan & ilmu pendidikan. LaksBang Mediatama bekerja sama dengan Kantor Advokat" Hufron & Hans Simaela".
Romlah (2016) Manajemen pendidikan islam. Harakindo Publishing.
Sagala, S. (2007) Manajemen strategik dalam peningkatan mutu pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Suhelayanti et al. (2020) Manajemen Pendidikan. 1st edn. Edited by T. Limbong. Medan: Yayasan Kita Menulis. Available at: kitamenulis.id.
Supriadi, D. (2017) ‘Implementasi Manajemen Inovasi dan Kreatifitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran’, Indonesian Journal of Education Management and Administration review.
Surnaya, M., Lubis, S. A. and Halimah, S. (2017) ‘Kontribusi Inovasi Pembelajaran Guru PAI Dan Efektifitas Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Swasta Harapan 3 Kec. Deli Tua Kab. Deli Serdang’, Edu-Religia, 1(2).
Syafaruddin, Pasha, N. and Mahariah (2017) Ilmu Pendidikan Islam (Melejitkan Potensi Budaya Umat). VII. Edited by E. Susanti. Jakarta Selatan: Hijri Pustaka Utama.
Thalib, S. B. (2017) Psikologi pendidikan berbasis analisis empiris aplikatif. Prenada Media.
Wandi, N. and Nurhafizah, N. (2019) ‘Etika Profesi Guru Pendidikan Anak Usia Dini’, Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2).
Wardani, I. G. A. K. (2012) ‘Mengembangkan Profesionalisme Pendidik Guru (Kajian Konseptual Dan Operasional)’, Jurnal Pendidikan, 13(1), pp. 32–44. doi: 10.33830/jp.v13i1.357.2012.
Wijayani, D. (2017) ‘Pengaruh Kepemimpinan kepala Sekolah dan Etika Profesi Guru Terhadap Kompetensi Profesional Guru untuk Mewujudkan Mutu Pembelajaran’, Khazanah Akademia, 1(1), pp. 9–21.
DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v8i4.2263
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by :