Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Quantum Teaching Pada Materi Ciri-ciri Khusus Makhluk Hidup di Kelas VI. SD Negeri 44 Banda Aceh

Darmawati Darmawati

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan beberapa masalah antara lain (1) guru dalam mengajar masih menggunakan metode yang sifatnya masih terfokus pada teori tanpa membiasakan siswa dalam mengerjakan soal ke depan kelas, (2) siswa selama mengikuti pelajaran IPA di kelas tidak terfokus dan kurang antusias, sehingga pada saat ditanyakan kembali oleh guru tidak bisa dijelaskan, (3) sebagian siswa tidak mengerti materi yang disampaikan, ini disebabkan siswa pada saat diterangkan materi pelajaran oleh guru asyik dengan berbicara dengan teman sebangku. Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran Quantum Teaching pada materi ciri - ciri khusus makhluk hidup di Kelas VI SD Negeri 44 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data adalah siswa kelas VI yang berjumlah 35. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode Quantum Teaching” dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI dalam materi ciri - ciri khusus makhluk hidup. Hal ini terlihat dari hasil tes siswa yaitu pada tes awal 42,9% siswa tuntas dan 57,1% siswa tidak tuntas. siklus I siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70 adalah 26 siswa dengan jumlah persentase 74,3% dan siswa yang mendapat nilai ≤ 70 9 orang siswa dengan jumlah persentase adalah 25,7%. Pada siklus II terjadi kemajuan yang baik di mana jumlah siswa yang tuntas mencapai 32 orang atau 91,4% dan ada 3 siswa yang tidak tuntas yaitu sebesar 8,6%. Hasil observasi yang diperoleh berdasarkan observasi guru pengamat terhadap kegiatan guru adalah 74,28% pada siklus I dan pada siklus II mencapai 85,71%. Kemudian pada hasil observasi aktivitas siswa 71,42% pada siklus I dan 82,86% pada siklus II. Sementara hasil angket menyatakan siswa senang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan quantum teaching Hal ini terlihat dari hasil angket bahwa siswa menyukai pembelajaran IPA khususnya materi ciri – ciri khusus makhluk hidup melalui metode Quantum Teaching.
Kata Kunci: quantum teaching, ciri-ciri makhluk hidup.

 


Full Text:

PDF

References


Bobbi De Porter.,et.al..,Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa, PT. Mizan Pustaka, 2005.

Choiril Azmiyawati, 2009. IPA 4 Saling Temas (BSE). Departemen Pendidikan Nasional.

De Porter Bobbi, 2005. Metode Quantum Teaching. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas, 2006. Penilaian Pembelajaran Siswa. Jakarta: Cipta Karya

Dimyati dan Mudjiono, 2003. Pengertian Hasil Belajar. Bandung: Alfabeta.

Fuad Ihsan, Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta, Rineka Cipta, 1997.

Horward Kingsley, 2002. Hasil Perubahan dari Proses Belajar. Bandung: Alfabeta.

Johar, 2007. Pembelajaran Quantum Teaching. Jakarta: Rineka Cipta.

Karso, Dasar-dasar pendidikan MIPA, Jakarta: Depdiknas, 1993.

Mahfud Shalahuddin, Pengantar Psikologi Pendidikan, Surabaya: Bina Ilmu, 1990.

Maidiyah dkk, 2008. Kriteria Ketuntasan Minimum. Jakarta: PT. Erlangga.

Mulyana, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: PT.Rineka Cipta, 1999.

Nasution, Teknologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Nasution, Teknologi Pendidikan. (Jakarta: Bumi Aksara, 2005), hal. 43-44.

Oemar Hamalik, 2004. Pengertian Hasil Belajar. Bandung: Alfabeta.

Peters, dalam artikel Kompetensi Mengajar (Online), http://www.upwr.ac.id/web/download/publikasi-ilmiah/

Priyoananto, Problem Based Learning (Online) http//www.mathematic. com/php.

Rahmah Johar, dkk, Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala, 2006.

Sudikoro, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo, 2003

Sudjana, Metoda Statistika, Bandung: Tarsito, Edisi 6, 2005.

Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara, 2004.

_________________, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi V, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Sukardi, Model Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2003

Suryabrata, Dasar-Dasar Psikologi di Sekolah, Jakarta: Prima Karya, 1988.

Sutrisno Hadi, Metodologi Research, Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM Yogyakarta, 1976.

Sutrisno, Bagaimana Strategi Pembelajaran Quantum Teaching dan Quantum Learning Dapat Dilaksanakan (Online), http://blog.unila.ac.id/momon/2009/09/07/

Suyitno, Mathematic Recearch (Online), diakses melalui situs: http//www.mathematic.transdigit.com/index.php, 20 Maret 2013.

Taksonomi Bloom, 2005. Pengertian Hasil Belajar. Bandung : Alfabeta.

Yuhasriati, 2016. Hasil Belajar Persamaan Linear Satu Variabel Dengan Quantum Teaching. http://jurnal.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/view/279




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v8i3.2125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :