Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Program Pembelajaran Harian melalui Bimbingan Berkelanjutan di TK Al-Azmi Banda Aceh

Salmi Salmi

Abstract


Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH) Melalui Bimbingan Berkelanjutan Di TK Al¬-Azmi Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui kegiatan bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana Kegiatan harian (RKH) di TK Al-Azmi Banda Aceh? Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk adalah untuk mengetahui peningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana program pembelajaran harian (RPPH) melalui bimbingan berkelanjutan di TK Al¬-Azmi Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah guru TK Al-Azmi yang berjumlah 2 orang. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan melalui proses beralur terdiri dari 4 tahap, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan diskusi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dalam penyusunan RKH guru sangat termotivasi dalam melakukan perbaikan-perbaikan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus I dengan jumlah skor 34 rata-rata 3,1 meningkat pada siklus II menjadi 41 dengan rata-rata 3,72. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RKH di TK Al-Azmi Banda Aceh.
Kata Kunci : Kompetensi, Guru, Bimbingan berkelanjutan


Full Text:

PDF

References


Ahmad Rohani, 2004. Pengelolaan Pengajaran.Jakarta : Rineka Cipta

Daradjat, Zakiyah. 1980. Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang.

Dewi, Y. dan. (2019). mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui bermain rancang bangun balok di PAUD IT AL FATIH KOTA BANDA ACEH Yuhasriarti Dewi wahyuni. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Dewi, Kurniawati Eni . 2009. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra Indonesia Dengan Pendekatan Tematis. Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Depdiknas. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007a tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas.

Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta: Depdiknas.

Petunjuk Teknis Pembuatan Laporan Penelitian Tindakan Sekolah Sebagai Karya Tulis Ilmiah Dalam Kegiatan Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah. Jakarta.

Fatihah, RM . 2008. Pengertian konseling (Http://eko13.wordpress.com, diakses 19 Maret 2009).

Imron, Ali. 2000. Pembinaan Guru Di Indonesia. Malang: Pustaka Jaya.

Kemendiknas. 2010. Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta.

Supervisi Akademik. Jakarta.

Kumaidi. 2008. Sistem Sertifikasi (http://massofa.wordpress.com diakses 10 Agustus 2009).

Nawawi, Hadari. 1985. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Pidarta, Made . 1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2009. Standar Kompetensi Pengawas Dimensi dan Indikator. Jakarta : Binamitra Publishing.

Suharjono. 2003. Menyusun Usulan Penelitian. Jakarta: Makalah Disajikan pada Kegiatan Pelatihan Tehnis Tenaga Fungsional Pengawas.

Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi kedua




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v8i3.2124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :