Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XII IPA 5 SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Biologi dan kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran serta rendahnya rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Biologi siswa melalui penerapan model pembelajaran discovery learning di kelas XII IPA 5 SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II (genap) yang akan dilaksanakan selama 3 bulan, yaitu bulan Januari sampai dengan Maret 2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 5 SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu tahun pelajaran 2018/2019. Jumlah subjek penelitian adalah sebanyak 27 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dalam penelitian ini berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil tes siklus, hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 74,1% dan pada siklus II sebesar 100%, mengalami peningkatan sebesar 25,9%. Aktivitas guru dalam pembelajaran pada siklus I rata-rata persentase yang diperoleh sebesar 68,75% dan pada siklus meningkat menjadi 93,75%, mengalami peningkatan sebesar 25%. Rata-rata keseluruhan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 59,72% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,7% dan mengalami peningkatan sebesar 27,98%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa di kelas XII IPA 5 SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu tahun pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Discovery Learning, Biologi
Full Text:
PDFReferences
Andalia, Nulena, Armi, A., Akmal, N., & Ridhwan, M. (2019). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI SMP NEGERI 2 KOTA BANDA ACEH. Bioilmi: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v5i1.3509
Andalia, Nurlena, Ridhwan, M., Roslina, R., Afni, N., & AG, B. (2019). Implementation of Inquiry Method on Students’ Critical Thinking Ability in the Concept of Structure and Function of Plant Networks. International Journal for Educational and Vocational Studies. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i4.1784
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto dan Raharjo, Muljo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran. Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Illahi, Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill. Jogjakarta: Diva Press.
Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sardiman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v8i3.2123
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by :