Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran dengan Pemanfaatan TIK melalui Bimbingan Belajar di SD Negeri 22 Banda Aceh

Asnaini Asnaini

Abstract


Penelitian ini berdasarkan permasalahan (1) Apakah dengan bimbingan belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) oleh kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). (2) Apakah penggunaan Teknologi Infomasi dan Komunikasi dapat membantu guru dalam pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri 22 Banda Aceh. (3) Bagaimanakah kompetensi guru pada penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SD Negeri 22 Banda Aceh. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 22 Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini adalah 24 guru, 18 orang guru kelas, 3 guru olahraga dan 3 guru agama. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui bimbingan belajar guru – guru di SD Negeri 22 Banda Aceh sudah dapat mengoperasikan komputer dengan baik sehingga mereka dapat mengunakan microsoft office dalam pebelajaran. Guru menunjukkan keseriusan dalam belajar menggunakan microsoft office dari peneliti. Informasi ini peneliti peroleh dari hasil pengamatan pada saat mengadakan wawancara dan bimbingan kepada guru. Bimbingan belajar ini juga dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan TIK. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi/ pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam pemanfaatan TIK dari siklus ke siklus.
Kata Kunci : Kompetensi Guru, TIK

 


Full Text:

PDF

References


Ade Rusliana. 2007. Konsep Dasar Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta. Bumi Aksara

AnasSudijono. 2011. PengantarEvaluasiPendidikan. Yogyakarta : PT Raja GrafindoPersada

Depdiknas. 2006. StandarKompetensiKepalaSekolah TK,SD, SMP, SMA, SMK & SLB, Jakarta : BP. CiptaKarya.

Danim, Sudarwan, (2010), Karya Tulis Inovatif Sebuah Pengembangan Profesi Guru, Penerbit : PT. Remaja Rosdakarya, Bandung..

Depdiknas. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Mulyasa, E, (2004), Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Penerbit : PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

H.E, (2010), Penelitian Tindakan Sekolah Meningkatkan Produktivitas Sekolah, Penerbit : PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (Lembaran Negera RI Tahun 2008 Nomor 194).

Peraturan Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya..

Saud, Udin Saefudin, (2009), Pengembangan Profesi Guru, Penerbit : CV. Alfabeta, Banudng.

Suderadjat, Hari, (2004), Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Pembaharuan Pendidikan dalam Undang-undang Sisdiknas 2003, Penerbit : CV Cipta Cekas Grafika, Bandung.

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara RI Tahun 2005 Nomor 157).

Wijaya, Cecep, dan A. Tabrani Rusyan, (1992), Kemampuan Dasar Karyawan dalam Proses Belajar Mengajar, Penerbit : Remaja Rosdakarya, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v8i3.2122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :