Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di Kelas XII IPA 2 di SMA Syamtalira Bayu

Khairalina Khairalina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di kelas XII IPA 2 SMA Syamtalira Bayu tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu pada semester ganjil dimulai pada bulan Juli sampai dengan September pada tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu yaitu sebanyak 28 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui hasil tes siklus dan hasil observasi aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa 78,6% dan pada siklus II 100%, mengalami peningkatan sebesar 21,4%. Rata-rata aktivitas guru dalam pembelajaran pada siklus I sebesar 3,9 dan pada siklus II sebesar 4,6. Mengalami peningkatan sebesar 0,7. Persentase aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus I sebesar 64,5% dan pada siklus II sebesar 91,75%, mengalami peningkatan sebesar 27,25%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XII IPA 2 SMA Syamtalira Bayu tahun pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Tipe Two Stay Two Stray, pelajaran Ekonomi

 


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. dan J.T. Prasetya.2005. Strategi Belajar Mangajar ( SBM).Bandung: Pustaka Setia.

Anni, Catharina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press.

Hanafiah, Nanang & Cucu, Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning. Jakarta. GRASINDO.

Purwanto. M. Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosada Karya.

Solihatin, Etin. 2008. Cooperatif Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta. Bumi Angkasa.

Suprijono, Agus, 2012. Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung : Alfabeta

Trianto.2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Warsono, dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v8i3.2121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :