Peningkatan Kinerja Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal melalui Workshop di SMA Negeri 8 Banda Aceh

Hamdany Hamdany

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMA Negeri 8 Banda Aceh tahun 2017, Jenis penelitian tindakan yang dipiliha dalah jenis emansipatori. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan model Kemmis yang terdiri atas empat langkah, yakni : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan repleksi, hasil penelitian menunjukan bahwa dari nilai atau prosentase guru yang dapat menetapkan KKM dengan memenuhi mekanisme dari kajian awal, siklus I, dan siklus II adalah 6 %, 83,75 %, dan kemudian 93,25 % ini menunjukkan peningkatan yang sangat berarti. Jadi dapat dikatakan bahwa respon guru sangat positif. Oleh karena itu, dapat dikatakan tuntas pada siklus II, karena guru-guru telah mampu menetapkan KKM dan penerapannya perlu dilanjutkan dalam kegiatan-kegiatan yang lain. dapat disimpulkan bahwaGuru-guru SMA Negeri 8 Banda Aceh memberikan respon yang sangat positif terhadap kegiatan penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal melalui Workshop. Dengan demikian kegiatanWorkshop memberikan dampak positif terhadap kemampuan guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal.
kata-kata kunci : Kinerja Guru, KKM, Workshop


Full Text:

PDF

References


Boediono, 1998. Pembinaan Profesi Guru dan Psikologi Pembinaan Personalia, Jakarta ; Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Mathis dan Jackson . 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Salemba Empat.

Prokton and W.M. Thornton 1983. Latihan Kerja Buku Pegangan Bagi Para Manager. Jakarta : Bina Aksara.

Simamora, Henry. 1995. Managemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : STIE YPKN.

Sudibyo, Bambang. 1996 Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Sungkowo M, 1994 Perangkat Penilaian Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v8i3.2115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :