Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Konsep Pecahan dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Gambar dan Benda Kongkrit Di Kelas III SD Negeri 5 Banda Aceh

Teuku Muthalla

Abstract


Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Pecahan Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Gambar Dan Benda Kongkrit Di Kelas III SD Negeri 5 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan media gambar dan benda kongkrit dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pecahan pada siswa kelas III di SD Negeri 5 Banda Aceh?. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui hambatan atau kendala dalam menyajikan materi pelajaran tentang konsep pecahan.; (2) Mendapatkan suatu cara atau metode yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam suatau materi pembelajaran tentang konsep pecahan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 5 Banda Aceh yang berjumlah 33 siswa. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan melalui proses beralur terdiri dari 4 tahap, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi. Dari analisis data diketahui bahwa pada setiap siklus terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa. Pada studi awal, siswa yang mencapai ketuntasan baru 24,24 %. Pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan mengalami kenaikan dari studi awal menjadi 63,63%. Pada siklus II siswa yang mencapai ketuntasan mengalami kenaikan dari siklus I menjadi 90,9%. Hal yang sama juga terjadi pada kesungguhan belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: dengan menggunakanedia gambar dan benda kongkrit dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas III SD Negeri 5 Banda Aceh.
Kata Kunci: Pecahan, Pembelajaran Matematika, Media gambar, benda kongkrit.


Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,1997. Matematika SD Kelas III. Balai Pustaka.

Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta.

Nur Akhsin, Heny K, Thoyibah H, 2004. Matematika 3 untuk SD Kelas III. Cempaka Putih.

Hudoyo, H. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Universitas Negeri Malang.

Jensen, Robert J. (ed). 1993. Reasearch Ideas for the Classroom Early Chilhood Matematics. New York: Macmillan Company.

Ruseffendi, E.T. 1998. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sumantri, Mulyani, Syoodiq, Nana, 2002. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta, Universitas Terbuka.

Syamsudin, Abin, Budiman, Nandang, 2002. Profesi Keguruan 2. Jakarta, Universitas Terbuka.

Wardani, I.G.A.K., Wihardi, Kuswaya, Nasution Noehi, 2002. PenelitianTindakan Kelas. Jakarta, Universitas Terbuka.

Wardani, I.G.A.K., Siti Julaeha, M.A. Pemantapan Kemampuan Profesional.Jakarta, Universitas Terbuka.

Sri Anitah W, dkk. 2007. Strategi pembelajaran di SD. Jakarta, Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v8i3.2112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :